5 Hal Penting yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil –┬áSudah pernahkah kita terpikirkan siapa beberapa orang dibalik berdirinya gedung pencakar langit, jembatan yang melewati lautan dan jalan yang menyambungkan berbagai wilayah terasing di negeri ini?

Bangunan-bangunan itu sebagai kreasi Insinyur Sipil. Ya, Teknik Sipil sebagai cabang keteknikan yang pelajari mengenai bagaimana membuat, membuat, melakukan renovasi bukan hanya gedung dan infrastruktur, tapi juga meliputi lingkungan untuk manfaat hidup manusia.

Nach, untuk kamu yang sukai kebingungan anak-anak jurusan teknik sipil belajar mengenai apa saja, sich? Berikut 5 hal yang dipelajari mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.

1. Sistematis

Mahasiswa teknik sipil pelajari susunan bangunan, yakni bagaimana tanggapan material untuk bangunan pada beban yang diterimanya hingga bangunan itu bisa berdiri tegak dan kuat dan bisa meminimalisir kerusakan jika terjadi gempa atau musibah. Di sini dipelajari mekanika susunan, susunan beton , susunan baja, susunan kayu dan dinamikanya.

2. Geoteknik

Geoteknik sebagai pengetahuan yang pelajari susunan dan karakter berbagai jenis tanah dan bebatuan dalam menyokong satu bangunan yang hendak berdiri di atasnya . Maka geoteknik mengulas semua jenis susunan yang ada di bawah tanah.
Yang dipelajari salah satunya ialah mekanika tanah, fondasi, dinding penahan tanah dan semua jenis wujud tugas yang terkait dengan tanah.

Baca Juga: Mengenali Jurusan Teknologi Pangan: Mata Kuliah, Daftar Universitas, dan Prospek Kerja

3. Management konstruksi

Management konstruksi pelajari masalah project konstruksi yang terkait dengan ekonomi, scheduling tugas, pengembalian modal, ongkos project.

Termasuk segala hal yang terkait dengan hukum dan hal pemberian izin bangunan sampai koordinasi tugas di atas lapangan hingga diharap bangunan itu usai on time.

4. Eksperimen pengairan

Eksperimen pengairan pelajari air, distribusi, pengaturan dan masalahnya. Sektor ini mencakup cabang pengetahuan hidrologi air (terkait dengan cuaca, curahan hujan, debet air sebuah sungai, banjir dsb), hidrolika (karakter material air, penekanan air, style dorong air dll) dan bangunan air seperti dermaga, irigasi, waduk/bendungan(dam), saluran, drainase, breakwater.

5. Transportasi

Transportasi pelajari berkenaan mekanisme transportasi dalam rencana dan realisasinya. Yang dipelajari salah satunya ialah eksperimen jalan raya, konstruksi dan geometrik jalan raya, jalan rel, lapangan terbang, mekanisme transportasi dan pemodelan transportasi.

Nach, jika antara kamu ada yang masih bimbang pilih jurusan kuliah kelak, apa kamu saat ini tertarik masuk ke teknik sipil?