Visual Branding

Visual Branding

 

Digital Branding Indonesia – Visual Branding merupakan pengaruh yang diakibatkan oleh suatu bentuk visual untuk mendiferensiasikan brand, dimana hal itu membedakan brand tersebut dari brand kompetitor, sehingga dapat terlihat dan dirasakan menonjol dibanding yang lain dan paling diingat konsumennya (tingkat reminding-nya tinggi)

 

Visual branding yang digunakan pada media komunikasi perusahaan tidak boleh dipandang sepele karena itu akan merefleksikan bagaimana perusahaan. Harus dipastikan bahwa visual branding mampu menyuarakan bahasa yang sama dalam berbagai media, baik audio maupun visual. Jika visual branding tidak sesuai maka akan menimbulkan inkonsistensi pada aspek komunikasi.

 

Kenapa Visual Branding Penting?

  • Kompetitor produk sejenis semakin banyak, sehingga pilihan konsumen semakin beragam.
  • Brand produk yang paling diingat konsumen akan menjadi pilihan.
  • Ribuan merek berkeliaran menggoda mata di televisi, supermarket, di warung-warung kecil, di pinggir jalan, dll. Tidak semua bisa diingat oleh konsumen.
  • Brand yang dimanage dengan cerdas oleh produsen berpeluang menjadi top brand.
  • Supply melebihi demand: dari 10 produk sejenis yang dilempar ke pasar, 6-7 produk akan rontok di tahun pertama, kemudian hanya 1 atau 2 produk yang akan bertahan setelah 5 tahun berjalan.

 

Tujuan Visual Branding

  • Hasil dari visual branding tidak bersifat instan, tetapi long term goal: yaitu kontinuitas dan stabilitas pendapatan atas brand produk atau servis yang dimilikinya.
  • Tujuan visual branding bukan kenaikan omzet yang sporadis atau temporer untuk akhirnya merugi dalam perjalanannya.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.