Tips Menjadi Komunikator Handal

Tips Menjadi Komunikator Handal

 

Digital Branding Indonesia – Kemampuan berkomunikasi yang efektif merupakan salah satu yang paling dicari dalam dunia bisnis. Kemampuan ini meliputi diskusi tatap muka, presentasi, telepon dan video conference.

 

Berikut adalah tips menjadi komunikator yang handal dan efektif dikutip dari Gary & Bonnie Nelson dalam bukunya “What Bosses Want – A Guide to Building Leadership Competence”.

  1. Berbicara dengan jelas dan mempengaruhi.

Saat berbicara harus jelas tentang who (siapa audience-nya), what (topik utama), why (tujuan) dan how (cara penyampaian).

 

  1. Mengacu pada pengalaman yang sama.
  • Merupakan percakapan terbuka.
  • Buat mindset yang sama sehingga orang lain dapat bergabung dan berbagi.
  • Buat orang-orang merasa menjadi bagian dari rencana masa depan.

 

  1. Teknik mendengar.

Kemampuan mendengar secara aktif membuat Anda mendengar apa yang orang lain bicarakan dan menginterpretasikan maksudnya secara jelas dan efektif. Komunikan dapat berkomunikasi lebih terbuka jika merasa nyaman.

 

  1. Menggunakan bahasa tubuh yang efektif.

Bagaimana Anda merancang kesan yang ingin ditampilkan akan berpengaruh pada kepercayaan diri dan komunikasi yang efektif secara keseluruhan. Hal ini mencakup postur dan sikap tubuh, kontak mata dan gerak tangan.

 

  1. Sadar (aware) budaya dan politik.

Mengapa kita harus paham dengan kedua hal tersebut saat berkomunikasi? Dengan kesadaran budaya maka akan mengurangi hambatan saat berkomuniksi dan kesadaran politik akan menambah pilihan untuk mencapai tujuan.

 

Jadi mulai sekarang belajarlah untuk menjadi komunikator yang handal karena itu akan berpengaruh pada peningkatan cara komunikasi Anda baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bisnis.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.