Tahapan Rebranding

Tahapan Rebranding

 

Digital Branding Indonesia – Tujuan umum dari rebranding adalah untuk memperbaiki keselarasan brand dengan misi, visi dan budaya perusahaan, serta untuk meningkatkan relevansi dan nilai bagi target sasaran. Tujuan spesifik rebranding setiap perusahaan bervariasi.

 

Sebelum melakukan rebranding, perusahaan biasanya akan melakukan survei ke semua target sasaran, baik internal maupun eksternal. Hasil survei akan memandu diskusi dan proses pengambilan keputusan mengenai brand baru, termasuk posisi, tujuan dan identitas brand.

 

Tantangan rebranding adalah bagaimana peluncuran brand baru sukses serta menjaga relevansi dan pengakuan brand dari waktu ke waktu.

 

Bagaimana tahapan yang tepat dalam menjalankan proses rebranding? Berikut adalah tahapannya dikutip dari laman The PR Lawyer.com.

 

Tahap I – Analisis dan Penelitian Brand

Pada awal pengembangan brand, tim akan mencari data dari informasi pasar yang ada dan mengumpulkan informasi baru untuk menetapkan landasan dan strategi. Prosesnya meliputi analisis marketplace, target sasaran, brainstorming, wawancara internal, review terhadap nilai dan misi brand inti serta survei persepsi masyarakat.

 

Tahap II – Positioning Brand, Pilihan Desain dan Pengembangan Tagline

Intinya adalah data strategis dan presentasi untuk pilihan visual brand yang dikembangkan bersama dengan brandstory, positioning dan tagline. Mengembangkan desain visual selalu mencakup pengujian untuk kualitas dan fungsi logo, font dan ikon.

 

Tahap III – Menyelesaikan Brand

Selama Tahap III, tim bekerja sama untuk menyelesaikan elemen brand. Semua data terakhir untuk dikembangkan, didokumentasikan, dikemas dan diluncurkan.

 

Tahap IV – Panduan Standar Brand

Panduan standar brand harus selalu menyertai sebuah brand, sebagai petunjuk untuk memberikan arahan mengenai penggunaan yang tepat bagi tim internal dan mitra eksternal dan memastikan konsistensinya.

Tahapan ini harus didefinisikan dengan baik dan harus selaras dengan anggaran dan sumber daya perusahaan.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.