Tagline Perusahaan – More Than Words

Tagline Perusahaan – More Than Words

 

 

Nike – “Just Do It

Apple – “Think Different”

McDonalds – “I’m lovin it

LG – “Life’s Good

 

Tagline perusahaan di atas tentu sudah kita hapal diluar kepala. Bukan proses yang mudah untuk membuat tagline yang easy listening dan begitu menancap di benak khalayak.

 

Tagline yang baik adalah yang dapat langsung dikenali oleh audiens. Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibuat para pengiklan dalam bentuk visual maupun verbal yang mengungkapkan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu.

Membuat tagline haruslah sederhana, namun memiliki makna yang bisa menggambarkan keseluruhan produk kita dan membuat konsumen mudah mengenali bisnis kita.

 

Berikut contoh penjabaran tagline di atas :

Nike: Just Do It

Dengan taglineJust Do Itini, Nike menunjukkan bahwa perusahaannya tidak hanya menjual perlengkapan olahraga saja. Mereka mendorong kita berpikir bahwa untuk melewati suatu tantangan tidak perlu menjadi atlet terlebih dahulu, Just do it!

 

Apple: Think Different

Tagline “Think differentmenunjukkan bahwa Apple berbeda dengan produk sejenis pada umumnya. Performa produk Apple dianggap sangat luar biasa dengan desain simple yang membuat para penggunanya merasakan sensasi berbeda dibandingkan produk sejenis dengan sistem operasi lainnya.

McDonald’s: I’m Lovin’ It

McDonald’s merupakan contoh tagline menarik lainnya yang tidak hanya enak dibaca tetapi juga didengar. Sebenarnya McDonald’s menyadari bahwa produk yang mereka jual tidak menyehatkan tetapi rasa dan kenikmatan yang ditawarkan membuat semua orang menyukainya.

LG: Life’s Good

Orang menganggap bahwa LG merupakan singkatan dari “Life’s Good”. Padahal kenyataannya itu adalah sebuah tagline perusahaan yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan produk-produk LG maka kehidupan kita akan berjalan dengan baik.

 

Untuk membuat tagline yang sesuai dengan perusahaan, terlebih dahulu kita harus memikirkan audiens. Siapa sajakah mereka? Pelanggan, konstituen, atau masyarakat pada umumnya. Tentunya kita menginginkan sebuah pesan menarik yang mencerminkan bagaimana kita ingin dianggap. Sebuah tagline ringkas dan kuat dapat mengomunikasikan pesan kita.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat tagline yang menarik :

1. Unik

Tagline yang bagus haruslah unik. Kalau tidak unik, tagline bagaikan “barang bajakan”. Hambar dan tidak cukup  bagus untuk mengkomunikasikan jati diri perusahaan kita. Tagline yang unik biasanya mampu memperkuat pencitraan sekaligus positioning perusahaan sekaligus produk-produk perusahaan di mata konsumen setia.

 

2. Singkat

Tujuan utama sebuah tagline adalah sebagai penjelas sekaligus alat untuk mengkomunikasikan nilai-nilai atau manfaat produk kita. Tapi tagline yang terlalu panjang tampak kurang bijaksana. Selain itu tagline singkat tentunya akan membuatnya lebih mudah diingat ketimbang tagline dengan 20 atau 40 kata.

 

3. Timeless

Tagline yang bagus harusnya tidak perlu diubah-ubah. Supaya ini tidak terjadi, sebelum kita memutuskan penggunaan sebuah tagline, sebaiknya kita pastikan bahwa tagline ini bukanlah sesuatu yang bisa dimakan oleh zaman. Sehingga harus dipahami tujuan besar di balik berdirinya perusahaan atau berjalannya bisnis kita.

 
[Indra Armyanto / dari berbagai sumber]

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.