Strategi Corporate Branding

Strategi Corporate Branding

 

Digital Branding Indonesia – Corporate Branding mengacu pada praktik mempromosikan nama merek entitas perusahaan. Aktivitas dan pemikiran tentang corporate branding berbeda dengan branding produk dan layanan karena cakupan corporate branding biasanya jauh lebih luas (Wikipedia). Corporate branding mempengaruhi banyak pemangku kepentingan (misalnya, karyawan, investor) dan berdampak pada banyak aspek perusahaan seperti evaluasi produk dan layanan, identitas perusahaan dan budaya, sponsor, aplikasi pekerjaan serta perluasan brand (Fetscherin dan Usunier, 2012).

 

Ada 10 langkah penting menuju strategi corporate branding yang sukses dikutip dari laman Branding Strategy Insider.

  1. Pimpinan perusahaan harus memimpin kinerja strategi brand.

Pimpinan perusahaan harus terlibat secara pribadi dalam branding, namun tetap didukung oleh tim manajemen yang dapat memfasilitasi pengembangan dan integrasi strategi baru yang berkesinambungan.

 

  1. Bangun model brand yang sesuai.

Setiap perusahaan memiliki persyaratan spesifik, nilai bisnis dan cara unik dalam melakukan sesuatu. Sehingga model branding terbaik dan paling komprehensif pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan ini.

 

  1. Libatkan pemegang saham serta pelanggan.

Siapa yang tahu lebih banyak tentang perusahaan daripada pelanggan, karyawan dan pemegang saham? Namun banyak perusahaan melupakan sumber informasi berharga tersebut. Libatkan mereka untuk penelitian guna mendapatkan gambaran yang adil tentang lanskap bisnis saat ini termasuk citra brand, brand positioning dan harapan di masa depan.

 

  1. Perkuat visi perusahaan.

Strategi corporate branding adalah cara yang sangat baik untuk memajukan visi perusahaan internal perusahaan. Hal ini memungkinkan manajemen untuk melibatkan, mendidik dan menyelaraskan semua orang di lingkup perusahaan agar menuju arah yang sama.

 

  1. Manfaatkan teknologi terbaru.

Teknologi memainkan peran strategi corporate branding yang sukses. Teknologi membantu meningkatkan efektivitas dan daya saing perusahaan. Intranet membantu karyawan yang bekerja dari rumah, dari lokasi lain dan bepergian ke seluruh dunia. Extranet dapat memfasilitasi integrasi dengan mitra strategis, pemasok dan pelanggan. Situs web perusahaan saat ini adalah sebuah keharusan. Semakin profesional website, semakin baik persepsi pelanggan, mitra, dll.

 

  1. Berdayakan semua karyawan untuk menjadi brand ambassadors.

Aset terpenting perusahaan adalah orang-orangnya. Mereka berinteraksi setiap hari dengan rekan kerja, pelanggan, pemasok, pesaing, dll. Serta sejumlah orang yang benar-benar terputus dengan perusahaan seperti anggota keluarga, teman, mantan rekan kerja dan banyak lainnya. Oleh karena itu, mereka dapat difungsikan sebagai brand ambassandor yang penting karena informasi dari mulut ke mulut bisa sangat berharga dan memiliki dampak besar pada corporate branding. Berikan pengetahuan memadai tentang strategi corporate branding (visi, nilai dan kepribadian, dll).

 

  1. Buat sistem kerja yang tepat.

Corporate brand adalah wajah strategi bisnis yang pada dasarnya ini menjanjikan apa yang diharapkan semua pemangku kepentingan dari perusahaan. Oleh karena itu, kinerja penyampaian produk dan layanan harus diteliti dan dievaluasi dengan hati-hati sebelum perusahaan memulai sebuah proyek corporate branding. Pastikan ditangani dengan tepat dan spesifik.

 

8. Komunikasikan

Komunikasikan corporate branding melalui berbagai kegiatan pemasaran yang terencana dan teruji dengan baik, pastikan keseluruhan pesan konsisten, jelas dan relevan bagi target khalayak.

 

  1. Ukur performa brand.

Kesuksesan brand terdiri dari berbagai indikator kinerja utama yang sudah ditentukan (termasuk nilai merek finansial) dan harus dilacak secara reguler. Nilai yang dihasilkan dapat membantu memfasilitasi gambaran tentang ekuitas brand dan perkembangannya saat strategi diterapkan.

 

  1. Sesuaikan nilai brand dan terus naikkan.

Lanskap bisnis berubah hampir setiap hari di setiap industri. Oleh karena itu perusahaan perlu mengevaluasi dan menyesuaikan strategi corporate branding secara reguler. Corporate branding harus tetap relevan, terdiferensiasi dan konsisten sepanjang waktu. Brand yang kuat adalah yang didorong oleh pemilik yang tidak pernah bosan mengangkat level mereka sendiri.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.