Sekilas Tentang Business Promotion

Sekilas Tentang Business Promotion

 

Digital Branding Indonesia – Business promotion adalah cara berkomunikasi dengan publik untuk mempengaruhi mereka agar membeli produk atau layanan perusahaan. Misalnya melalui penjualan langsung/ritel, internet, situs web, media sosial, email atau SMS.

 

Kata promosi dan iklan sering digunakan secara bergantian, tetapi itu bukan hal yang sama. Iklan adalah salah satu tindakan untuk mempromosikan produk atau layanan, dan ini merupakan salah satu jenis promosi. Sedangkan promosi mencakup semua cara untuk membuat produk atau layanan yang diketahui dan tersedia untuk dibeli oleh konsumen.

 

Contoh business promotion adalah :

  • Word of mouth

Cara ini dianggap paling efektif untuk mempromosikan bisnis dan yang terpenting gratis. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 90% konsumen menggunakan rekomendasi dari teman atau keluarga ketika memilih produk atau layanan. Perusahaan yang konsisten memberikan layanan kepada konsumen akan menjadi pemenang.

 

  • A professionally-design website

Situs web yang dirancang secara profesional dapat menjadi alat promosi yang sangat baik dan memungkinkan perusahaan mengirim informasi terbaru tentang produk dan layanan dengan biaya yang tidak mahal. Perusahaan yang tidak berpromosi melalui web biasanya masih memiliki situs web sederhana yang berisi informasi dasar tentang perusahaan (informasi produk/layanan, kontak, petunjuk arah, dll).

 

  • Social Media

Media sosial adalah bentuk promosi bisnis online yang populer dan murah. Facebook, Twitter, dan YouTube dapat efektif menjangkau konsumen. Perusahaan dapat merekam promosi tentang video produk atau layanan dan mempostingnya di YouTube.

 

  • Name card

Kartu nama masih merupakan salah satu bentuk promosi bisnis yang paling umum digunakan, bahkan di era digital. Di negara-negara Asia bertukar kartu nama telah menjadi ritual. Selain itu semua jenis dokumen bisnis bisa juga digunakan untuk tujuan promosi, misalnya kop surat dan tanda tangan email yang berisi logo perusahaan dan hashtag promosi.

 

  • Vehicle decorations (wraps)

Dekorasi kendaraan sangat populer untuk promosi bisnis, hampir setiap kendaraan bisnis di jalan saat ini digunakan sebagai billboard berjalan, dengan logo bisnis, tagline, dan informasi kontak yang dirancang secara profesional. Outdoor Advertising Association of America memperkirakan bahwa dekorasi kendaraan dapat menghasilkan 30.000-70.000 penayangan per hari (tergantung pada area, ukuran populasi, dll.), Menjadikannya salah satu cara paling murah untuk mempromosikan perusahaan.

 

  • Flyer

Flyer/selebaran mungkin terlihat kuno tetapi masih bisa menjadi alat promosi yang efektif. Perusahaan yang melakukan pekerjaan di lingkungan tempat tinggal dapat dengan mudah menyebarkan selebaran ke rumah-rumah. Misalnya jasa reparasi, bimbingan belajar atau penata taman yang melakukan pekerjaan di rumah dan kemudian mempromosikan bisnis mereka dengan membagikan selebaran  untuk pihak yang berkepentingan.

 

Ingin mempromosikan bisnis Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.