Sekilas Tentang Brand Orientation

Sekilas Tentang Brand Orientation

 

Digital Branding Indonesia – Brand orientation (orientasi merek) adalah filosofi manajemen yang menempatkan merek sebagai pusat pengambilan keputusan perusahaan. Dalam perusahaan yang berorientasi pada merek, semua kegiatan yang dilakukan, baik secara internal maupun eksternal, dikomunikasikan oleh merek, mulai dari produk dan layanan hingga kebijakan rekrutmen dan tata letak kantor. Semuanya dirancang untuk mengekspresikan dan memperkuat merek.

 

Pada pandangan pertama, mungkin terdengar seolah-olah orientasi merek tidak sesuai dengan pemusatan pada kepuasan pelanggan. Jika perusahaan utamanya berputar di sekitar merek, apakah itu tidak berarti bahwa pelanggan itu nomor dua? Tidak. Dalam perusahaan yang berorientasi pada merek, merek dibangun di atas tujuan dan apa yang ingin dicapai perusahaan. Tujuan merek lebih dari sekadar tujuan mencapai ukuran atau pangsa pasar tertentu. Tujuan merek yang kuat berpusat pada pembuatan perbedaan untuk sekelompok konsumen dan bagaimana cara meningkatkan kepuasan mereka.

 

Jadi kepuasan pelanggan dibangun ke dalam inti merek. Jika perusahaan bekerja di sekitar tujuan, maka segala sesuatu yang dilakukan perusahaan adalah tentang memenuhi tujuan tersebut untuk target sasaran yang ditetapkan. Efektivitas brand orientation berasal dari keselarasan yang dicapai antara realitas internal dan eksternal organisasi – antara karyawan dan pelanggan. Menempatkan tujuan merek pada pusat pengambilan keputusan perusahaan memberikan pedoman bagi yang memandu tindakan mereka. Jika semua karyawan memiliki kesamaan ide dan tujuan, maka mereka akan memiliki titik pandang umum untuk disampaikan kepada pelanggan secara konsisten.

 

Brand orientation membawa peluang merek dan tujuan hidup dapat dijalankan dengan bersamaan. Merek sengaja diungkapkan di setiap titik kontak yang berhubungan dengan pelanggan dan dalam segala hal yang dilakukan perusahaan secara internal dalam pengalaman karyawan. Karyawan direkrut berdasarkan itu, budaya internal dan cara kerja dibangun di atasnya, dan orang dihargai berdasarkan itu. Merek menjadi darah yang mengalir melalui semua pembuluh darah perusahaan.

 

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.