Perbedaan Brand Dan Marketing

Perbedaan Brand Dan Marketing

 

Digital Branding Indonesia – Banyak perusahaan, besar dan kecil, tidak mengerti perbedaan penting antara brand dan marketing. Hal ini disalahpahami di kebanyakan perusahaan dan bahkan di departemen pemasaran mereka sendiri.

 

Brand adalah janji yang disampaikan ke konsumen.

Menurut Robert Bean dari Northstar Partners, brand adalah “janji yang disampaikan ke konsumen”. Perusahaan membuat janji kepada konsumen dan rekan kerja dengan segala hal yang dilakukan untuk menjadi sukses dan memenuhi janji itu setiap saat. Pemahaman bahwa sebuah brand adalah logo, nama atau warnanya hanyalah sebagian kecil dari apa sebenarnya brand itu.

 

Brand adalah segalanya dalam perusahaan. Perusahaan harus mengidentifikasi target audiensnya, apa yang mereka inginkan, mengapa perusahaan lebih baik daripada pesaing dan berikan sebuah pernyataan singkat yang menggambarkan tujuan brand perusahaan.

 

Beberapa perusahaan tahu arti brand dari hari pertama dan selama mereka tetap kecil dan mempertahankan karyawan yang sama, mungkin tidak perlu mengulangi pemahaman tentang brand. Namun, bagi kebanyakan perusahaan, semuanya berubah, misalnya penurunan penjualan, karyawan atau konsumen datang dan pergi, serta pesaing yang mengancam pasar perusahaan. Lalu apa yang harus dilakukan? Jika perusahaan mendefinisikan apa yang menjadi tujuan brand, maka akan menjadi lebih mudah untuk membuat keputusan tentang siapa yang harus dipekerjakan, produk apa yang akan dijual, bagaimana komunikasi perusahaan seharusnya terdengar dan seperti apa lingkungan kantor.

 

Kunci untuk membuka kunci kekuatan merek Anda adalah melibatkan karyawan Anda. Bawa mereka bersamamu melalui proses ini dan mintalah pakar merek di tangan untuk membantu membimbing Anda. Ini tidak perlu mahal atau memakan terlalu banyak waktu. Namun, setelah ini selesai, bisa membuat strategi merek untuk bisnis Anda yang berlangsung bertahun-tahun.

 

Apa yang marketing berikan?

Pemasaran didefinisikan oleh Chartered Institute of Marketing sebagai “Proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan”.

 

Pemasaran menjadi bagian integral dari brand perusahaan. Ini membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan janji yang diinginkan agar konsumen dan prospek ketahui. Pemasaran juga harus didasarkan pada posisi, kepribadian, nilai dan tujuan brand yang semuanya telah didefinisikan dan dikomunikasikan di kepada karyawan perushaan.

 

Intinya, pemasaran adalah apa yang dilakukan untuk menyampaikan pesan atau janji kepada pelanggan, sementara brand adalah bagaimana perusahaan menepati janji kepada konsumen dan kolega.

 

Anda masih kesulitan untuk memahaminya? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail dan mudah untuk Anda.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.