Optimasi Online Marketing Via SEO

Optimasi Online Marketing Via SEO

 

Digital Branding Indonesia – Trend pemasaran saat ini mulai berkembang menggunakan media internet atau yang lebih dikenal dengan istilah online marketing. Keuntungan yang disasar oleh pengguna diantaranya karena dinilai menghabiskan biaya yang relatif murah, jangkauan pemasaran luas, dan lain-lain.

 

Namun online marketing sendiri memerlukan treadment khusus agar tujuan-tujuan yang dirancang dapat diraih. Jangan sampai ada anggapan bahwa penjualan cukup hanya dengan membuat website, karena banyak orang yang berpikiran sama. Suatu website yang tidak dioptimasi dengan tepat akan mengakibatkan website menjadi suatu website yang mati, tidak ada yang mengunjungi, tidak dicari atau kata kunci yang ditarget tidak ada di halaman website. Salah satu cara optimasi website adalah melalui teknik Search Engine Optimization (SEO).

 

Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma. Tujuannya untuk meraih pengunjung yang lebih banyak seperti yang telah ditargetkan. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam optimasi SEO adalah pemanfaatan link internal dan eksternal serta penulisan konten yang unik.

 

SEO dapat dibagi menjadi dua bagian dasar:

  • On-page SEO berkonsentrasi pada konten halaman dan struktur dari website itu sendiri, misalnya penulisan konten, tag judul, META tag, sitemap, atribut alt gambar penempatan kata kunci, dll.
  • Off-page SEO lebih memfokuskan pada hubungan situs dengan situs lain. Fokus optimasi off-page terletak pada membangun link. Hal ini dapat dilakukan melalui direktori kiriman, penulisan artikel pada situs lain, pertukaran link langsung, artikel PR dan sebagainya.

 

Untuk mendukung keberhasilan SEO, berikut beberapa teknik yang dapat digunakan :

1.Mendapatkan backlink

Dalam mendapatkan backlink ada 2 cara umum yang biasanya dilakukan seorang digital marketer yaitu:

  • Link building

Link building adalah berbagai cara untuk membangun backlink diluar website (off-page SEO) seperti    melakukan guest post dan semacamnya.

 

  • Content marketing
    Content marketing adalah teknik mendistribusikan konten dalam berbagai medium seperti sosial media, forum/komunitas, group, dan semacamnya. Sebagian user yang menemukan konten tersebut dan merasa isinya bermanfaat akan membagikannya (share) termasuk mereferensikannya didalam blog/artikel mereka (backlink), intinya proses mendapatkan backlink ini terjadi secara organik dan natural.

 

2.Keyword density

Google sekarang lebih memprioritaskan intent (niat) user pada saat mereka mengetik suatu keyword di mesin pencari. Artikel yang memiliki keyword berbeda (tidak sama persis) namun tujuan informasinya sama akan mendapatkan ranking yang baik selama isinya tetap relevan dan berkualitas

 

3.Engagement adalah faktor yang paling penting

Mindset utama Google adalah memberikan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas. Jika user mengetik suatu keyword lalu mendapatkan hasil yang tidak relevan/berkualitas maka kemungkinan besar mereka akan langsung pergi meninggalkan situs tersebut (bounce).

Karena itu Google menerapkan faktor engagement sebagai penentuan peringkat pada suatu keyword. Beberapa indikasi engagement yang baik seperti:

  • Bounce rate yang rendah
  • Average session duration (waktu kunjungan) yang tinggi

 

4.On-page SEO akan memiliki dampak yang semakin besar

On-page SEO adalah mengoptimasi SEO dari sisi domain/website kita sendiri sedangkan off-page SEO adalah mengoptimasi SEO diluar domain kita atau lebih tepatnya backlink.

 

 

[Indra Armyanto / dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.