Menghindari Penggunaan Hashtag yang Keliru  

Menghindari Penggunaan Hashtag yang Keliru

 

Digital Branding Indonesia – Hashtag adalah bagian penting dari pemasaran dan pertumbuhan media sosial, khususnya di Instagram dan Twitter. Namun penggunaan hashtag terkadang sedikit membingungkan.

 

Social Media Today menjelaskan 8 kesalahan penggunaan hashtag dalam bisnis dan bagaimana cara menghindarinya:

 

  1. Hanya Menggunakan Hashtag yang Umum dan Populer

Secara teori, masuk akal untuk menggunakan hashtag paling populer, tetapi dalam praktiknya Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Misalnya hashtags #marketing dan #brand memiliki ratusan ribu postingan, sehingga tidak akan berguna untuk bisnis Anda. Mungkin ada yang suka dengan postingan, tetapi bukan dari orang-orang yang sebenarnya tertarik dengan bisnis atau brand Anda. Gunakan tagar yang khusus sesuai dengan target konsumen, konteks postingan, atau inti bisnis.

 

  1. Tidak Meneliti Hashtags

Kesalahan lainnya adalah tidak melakukan penelitian yang benar pada hashtag yang Anda gunakan. Coba gunakan hashtag untuk penelusuran ke Instagram atau Twitter dan lihat jenis gambar dan pesan apa yang muncul. Ada beberapa alat penelitian hashtag yang dapat Anda gunakan. Misalnya Ritetag, yang mencantumkan semua hashtag Twitter yang sedang tren dan populer. Anda dapat memasukkan kata kunci Anda sendiri untuk meninjau kinerja dan hashtag terkait bersama dengan banyak statistik lainnya seperti retweet dan tampilan hashtag. Atau Tagsforlikes.com, alat ini khusus untuk Instagram, tetapi juga bisa mencari hashtag paling populer oleh subjek yang berbeda.

 

  1. Mengabaikan Hashtag Lokal

Hal ini perlu jika Anda menargetkan pelanggan di area tertentu, dan terlibat dalam komunitas adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan mendapatkan interaksi dalam komunitas yang Anda coba jangkau. Cobalah menggunakan hashtag yang terkait dengan lokasi seperti #IloveBali, atau #JakartaCity.

 

  1. Tidak Menguji Hashtag Baru

Anda akan selalu memiliki hashtag yang perlu dicoba, diuji, dan dipercaya dapat menarik target. Namun Anda terlalu nyaman dengan hashtag lama dan tidak mau mencari yang baru. Sesekali, luangkan waktu untuk menyegarkan daftar hashtag Anda dan uji beberapa yang baru. Semuanya selalu berubah ketika menyangkut media sosial, dan beberapa tagar akhirnya akan terlalu jenuh dengan konten. Cari hashtag baru yang lebih efisien untuk brand atau bisnis Anda.

 

  1. Tidak Menggunakan Hashtag Terkait

Jangan takut untuk menggunakan hashtag yang terkait dengan hashtag utama. Misalnya, Rumah Asyam memposting artikel tentang macam-macam branding,  maka hashtag yang digunakan adalah #DigitalBranding #DigitalTraining. Hashtag terkait yang digunakan di sini tidak hanya terikat ke media yang digunakan untuk posting, tetapi juga mengikat ke dalam produk.

 

  1. Menggunakan terlalu Banyak Hashtags

Hashtag yang berlebihan akan membunuh pesan Anda karena pembaca cenderung mengabaikan konten karena terlalu banyak hashtag. Aturan dasar praktisnya adalah menggunakan 1-3 hashtag dalam pengiriman pesan Anda.

 

  1. Tidak Memeriksa dan Menganalisa Penggunaan Hashtag

Banyak brand dan perusahaan menggunakan hashtag untuk membantu mereka memeriksa keefektifan pesan, serta menganalisa dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran di media sosial. Cobalah memeriksa jumlah posting hashtag tertentu, atau Anda juga bisa menggunakan alat untuk membantu mengukurnya.

 

  1. Tidak Menggunakan Hashtags Sama Sekali

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah tidak menggunakan tagar sama sekali. Ketika Anda membangun brand di media sosial, setiap ada sedikit tambahan, perubahan, penjelasan, dll, akan terbantu dengan pengggunaan hashtags yang tepat.

 

Hashtag juga merupakan alat pencarian di media sosial yang akan membantu banyak orang untuk menemukan profil, postingan, dan konten Anda. 25% dari tweet dapat di-retweet, tetapi 40% dari tweet yang menyertakan hashtag akan di-retweet. 55% pengguna media sosial lebih cenderung me-retweet sesuatu dengan setidaknya 1 hashtag. Jadi ketika Anda belajar menggunakan hashtag dengan benar dalam pemasaran media sosial, Anda dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan topik atau konten Anda yang bukan bagian dari jaringan Anda, sehingga dapat mendorong pertumbuhan dan kesadaran merek di media online.

 

Pemasaran di media sosial memang sesuatu yang unik dan selalu berkembang, misalnya tentang hashtag. Rumah Asyam akan membantu Anda menemukan cara cerdas untuk memenangkannya. Segera diskusikan keinginan Anda dengan Kami. Hubungi kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.