Mengapa Branding Penting ?

Mengapa Branding Penting ?

 

Digital Branding Indonesia – Saat kita memikirkan tentang “brand” maka yang akan terlintas adalah brand-brand besar seperti Honda, Apple, McDonald dan Coca-Cola. Apakah brand hanya untuk perusahaan-perusahaan besar? Jawabannya tidak. Brand berlaku untuk semua perusahaan, besar maupun kecil.

 

Salah satu cara untuk mempromosikan brand adalah melalui digital branding, yakni strategi pemasaran  yang kuat dan berkelanjutan untuk membangun atau menyebarkan brand yang dilakukan secara online, sehingga bisa membentuk persepsi dari perusahaan atau produk.

 

Persepsi dapat mempengaruhi keputusan untuk membeli dengan cara :

  • Membuat persamaan atau hubungan emosional dengan konsumen.
  • Membangun loyalitas pada perusahaan atau produk.
  • Menunjukkan kualitas dan keuntungan atas produk atau pelayanan.

 

Branding membantu menciptakan brand. Tapi sebenarnya apa persepsi konsumen yang ingin dibentuk? Berikut beberapa teknik branding yang dapat diterapkan:

  • Membina persepsi positif pada target konsumen.
  • Membangun position dan differentiation yang jelas agar berbeda dari kompetitor.
  • Mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli.
  • Membuat konsumen kewalahan untuk menyamakan level.

 

Branding  juga memberikan keuntungan pada internal perusahaan. Karena meningkatkan budaya perusahaan dan keterikatan dengan menyamakan brand values dan brand personality, status di pasar dan memberikan karyawan sebuah identitas yang membanggakan.

 

Pastikan kesuksesan branding didapat dari integrasi aktivitas online dan offline. Dimana tujuan utamanya adalah menyajikan brand experience yang nyata dan konstan yang terhubung dengan strategi, tujuan dan positioning dari brand.

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.