Mengapa Branding Penting Dalam Pemasaran?

Mengapa Branding Penting Dalam Pemasaran?

 

Digital Branding Indonesia – Ada banyak kebingungan seputar branding ditambah dengan beberapa definisi yang kadang berbeda, jadi apa itu branding? Sepuluh tahun yang lalu branding didefinisikan sebagai nama, slogan, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari elemen-elemen ini yang mengidentifikasi produk atau jasa perusahaan. Brand diidentifikasi dari unsur-unsur yang membedakan produk dari pesaing.

 

Brand saat ini sedikit lebih rumit, bahkan lebih penting dalam dunia pemasaran. Ini adalah persepsi yang dimiliki konsumen ketika mereka mendengar atau memikirkan nama perusahaan, layanan, atau produk Anda, dipengaruhi oleh unsur-unsur, kata-kata, dan kreativitas yang mengelilinginya.

 

Branding tidak hanya tentang mendapatkan target pasar untuk memilih perusahaan Anda dibandingkan pesaing, tentang mendapatkan prospek untuk melihat Anda sebagai penyedia solusi satu-satunya untuk masalah atau kebutuhan mereka.

 

Tujuan yang akan dicapai oleh brand yang baik meliputi:

  • Kejelasan dalam menyampaikan pesan.
  • Menegaskan kredibilitas perusahaan.
  • Secara emosional menghubungkan target pelanggan dengan produk dan atau layanan Anda.
  • Memotivasi pelanggan untuk membeli.
  • Menciptakan loyalitas pelanggan.

 

Agar berhasil dalam branding, perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan prospek. Ini dicapai dengan mengintegrasikan strategi brand di setiap kontak dengan publik. Pikirkan branding sebagai ekspresi siapa perusahaan dan apa yang ditawarkan. Ketika konsumen mulai mengidentifikasi perusahaan, brand akan hidup di hati dan pikiran pelanggan, klien, dan prospek.

 

Brand yang kuat sangat berharga dalam persaingan memperebutkan pelanggan. Sangat penting untuk menghabiskan waktu berinvestasi dalam riset, mendefinisikan, dan membangun brand. Lagi pula, brand adalah sumber janji bagi konsumen Anda. Brand adalah bagian mendasar dalam komunikasi pemasaran. Branding adalah strategi dan pemasaran yang taktis dan apa yang perusahaan gunakan untuk mendapatkan brand di depan konsumen. Brand berfungsi sebagai panduan untuk memahami tujuan bisnis. Ini memungkinkan perusahaan untuk menyelaraskan rencana pemasaran dengan tujuan tersebut dan memenuhi strategi secara menyeluruh.

 

Efektivitas brand tidak hanya terjadi sebelum pembelian, tetapi juga tentang pengalaman terhadap brand yang diberikan konsumen. Apakah produk atau layanan berfungsi seperti yang diharapkan? Apakah kualitasnya sebagus yang dijanjikan? Bagaimana pengalaman layanannya? Jika perusahaan bisa mendapatkan jawaban positif atas pertanyaan-pertanyaan ini, maka perusahaan telah menciptakan pelanggan setia. Namun brand tidak hanya menciptakan pelanggan setia, tetapi juga menciptakan karyawan yang setia. Brand memberi mereka sesuatu untuk dipercaya, sesuatu untuk berdiri di belakang. Ini membantu mereka memahami tujuan organisasi atau bisnis.

 

Branding mungkin sedikit membingungkan, jadi bagaimana perusahaan tahu apakah brand cukup kuat untuk memberi nilai internal dan eksternal yang dibutuhkan dalam pemasaran? Apakah brand berhubungan dengan target audiens? Akankah mereka langsung “mengerti” tanpa terlalu banyak berpikir? Apakah brand berbagi keunikan dari apa yang ditawarkan dan mengapa itu penting? Apakah brand mencerminkan nilai-nilai yang ingin diwakili sebagai pelanggan?

Biarkan pertanyaan-pertanyaan ini berfungsi sebagai pedoman dalam pengembangan brand perusahaan. Jika jawabannya tidak jelas, perusahaan mungkin perlu mengevaluasi rencana atau strategi, dan memperbaiki proses branding.

 

Ingin mengembangkan strategi branding perusahaan Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.