Mengapa Brand Positioning Penting Untuk Penguatan Brand ?

Mengapa Brand Positioning Penting Untuk Penguatan Brand ?

 

Digital Branding Indonesia – Kekuatan brand tergantung dari seberapa besar Anda mengupayakannya. Branding membutuhkan usaha yang digabungkan dengan beberapa bagian yang bergerak untuk menciptakan persepsi di pasar yang mendorong bisnis Anda ke depan.

 

Brand Positioning mungkin merupakan komponen yang paling penting dan mendasar dari proses pembentukan brand. Brand positioning adalah tempat yang ingin Anda miliki dalam pikiran target audiens Anda, tentang bagaimana mereka menemukan, mengidentifikasi, dan menyempurnakan kekhasan brand Anda.

 

Berikut adalah tujuh alasan mengapa brand positioning sangat penting dalam penguatan brand.

  1. Brand Positioning menciptakan diferensiasi pasar

Jika perusahaan, produk, atau layanan Anda memberikan proposisi unik, menyelesaikan kebutuhan yang belum terpenuhi, atau memberikan pengalaman yang diinginkan konsumen, maka Brand Positioning akan membantu Anda menonjol dibandingkan kompetitor dengan mendefinisikan mengapa brand Anda berbeda.

 

  1. Brand Positioning menerobos hiruk pikuk pasar

Brand Positioning yang jelas memungkinkan Anda berkomunikasi secara efisien dan efektif serta menjangkau target audiens Anda. Setiap hari, pasar dibanjiri produk. Semua perusahaan berlomba menarik perhatian konsumen. Di tengah keramaian ini, Brand Positioning mampu menarik perhatian target konsumen secara langsung.

 

  1. Brand Positioning mempermudah orang membeli produk Anda

Konsumen menginginkan keputusan yang mudah. Mereka tidak ingin menyaring 30 alternatif untuk menemukan yang tepat untuk mereka beli. Mereka ingin tahu dengan mudah dan cepat siapa yang harus dipercaya dan apa yang harus dibeli. Secara sadar dan tidak sadar, Brand Positioning memicu respons emosional dari audiens target Anda. Jika tuas yang tepat ditarik dalam waktu singkat, Anda meningkatkan kemungkinan bagi orang untuk memutuskan “ya.”

 

  1. Brand Positioning memungkinkan Anda untuk bersaing pada nilai (bukan harga)

Apakah merek Anda dikonsumsi oleh pasar massal atau barang mewah terbatas? Brand Positioning memberi Anda kejelasan pada nilai spesifik Anda. Nilai adalah apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan, bagaimana ia memenuhi kebutuhan mereka dengan sangat baik, dan bagaimana alternatif yang ditawarkan oleh pesaing tidak mencukupi. Tanpa Brand Positioning, Anda tidak memiliki apa-apa selain ambiguitas atau keraguan dari calon konsumen.

 

  1. Brand Positioning memberikan strategi penetapan harga

Kadang-kadang, bahkan ketika nilai brand Anda sudah dikenal, brand masih membutuhkan penyesuaian harga. Brand Positioning adalah tempat untuk mengidentifikasi dan membandingkan brand Anda dengan pesaing dan penawaran khusus mereka, yang menginformasikan apakah harga  yang Anda tawarkan sudah tepat dan strategis.

 

  1. Brand Positioning memperkuat pesan Anda

Tanpa mengetahui Brand Positioning Anda, bagaimana Anda bisa menggambarkan brand Anda? Tidak mungkin untuk berkomunikasi dengan audiens ketika Anda tidak secara akurat memahami keunikan brand Anda sendiri atau kompetitornya.

 

  1. Brand Positioning membuat desain Anda lebih kreatif

Desain visual harus membangun cerita yang jelas, yang membutuhkan pemahaman tentang pemosisian. Jangan memilih warna desain tanpa mengetahui apa yang digunakan pesaing. Anda harus tahu psikologi warna sebelum Anda memakainya dalam semua design yang digunakan.

 

Ingin memperkuat Brand Positioning perusahaan Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.