Menciptakan Brand Yang Kuat

Menciptakan Brand Yang Kuat

 

Digital Branding Indonesia – Brand yang kuat harus memiliki pemahaman yang jelas tentang identitas dan tujuannya. Itulah mengapa banyak perusahaan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan bentuk brand yang diinginkan. Meskipun menggunakan jasa professional tetap harus memahami apa saja yang bisa menbentuk brand menjadi kuat.

 

Blake Project telah mengukur lima hal yang menyebabkan konsumen sangat terikat dengan brand tertentu, yakni :

  1. Awareness

Awareness adalah landasan dari brand yang kuat. Awareness sangat berhubungan dengan preferensi brand dan persepsi kualitas brand. Hal ini bisa diukur dari ingatan pertama konsumen akan brand pada produk tertentu.

 

  1. Relevant Differentiation.

Merupakan indicator utama dari pangsa pasar dan keuntungan di masa depan. Apakah brand memiliki keunikan atau perbedaan yang relevan untuk konsumen, dan menarik perhatian konsumen.

 

  1. Value

Apakah brand memberikan nilai yang sepadan dengan harga yang ditawarkan? Nilai memiliki pembilang dan penyebut. Pembilang terdiri dari kumpulan manfaat yang diberikan brand. Penyebutnya adalah biaya finansial, waktu dan biaya lainnya untuk menerima manfaat tersebut.

 

4. Accessibility

Apakah konsumen dan calon konsumen mendapatkan produk dari brand dengan mudah? Aksesibilitas sangat penting untuk brand berbasis lokasi, misalnya ritel, restoran, dll. Aksesibilitas berperan ketika pelanggan harus memutuskan antara brand pilihan yang kurang dapat diakses dan brand lain yang lebih mudah diakses. Bila perbedaan aksesibilitas antar brand signifikan, orang lebih sering memilih brand yang lebih mudah diakses.

 

  1. Emotional Connection.

Apakah brand memiliki hubungan dengan konsumen pada tingkat yang lebih emosional atau personal? Hubungan emosional memang tidak hanya berlaku pada hubungan antar manusia, tetapi juga pada hubungan bisnis.

 

Penjelasan di atas dapat dipersingkat. Awareness dapat membangun pendekatan akan brand sebagai bahan pertimbangan konsumen. Relevant differentiation dan value dapat menyebabkan brand menjadi pilihan. Dan accessibility dapat menyebabkan pembelian merek. Emotional connection dapat menyebabkan loyalitas dan advokasi terhadap merek.

 

Ingin membangun brand yang kuat?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan perusahaan Anda.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.