Membangun Brand Loyalty Melalui Media Sosial

Membangun Brand Loyalty Melalui Media Sosial

 

Digital Branding Indonesia – Ada alasan mengapa beberapa brand terbesar mendominasi pasar dan kita sudah pernah dihadapkan pada perusahaan-perusahaan ini selama bertahun-tahun. Brand loyalty tidak selalu berhubungan dengan loyalitas pelanggan. Di usia muda, banyak dari kita dipengaruhi brand yang digunakan oleh teman atau keluarga. Tapi tidak sampai tahap awal masa dewasa ketika kita memutuskan untuk memilih identitas kita sendiri.

 

Bagi sebagian besar era 90an, branding dilakukan melalui televisi, surat kabar, mall, dll. Sekarang, generasi muda terpapar brand pada usia yang lebih dini dengan munculnya Internet dan pemasaran melalui media sosial.

 

Tidak ada yang pernah mengatakan menguasai pemasaran melaui media sosial itu mudah. Begitu perusahaan memasuki ranah jejaring sosial ini, banyak konsumen mengharapkan jalur komunikasi terbuka seperti bagaimana pengguna dapat menjangkau teman, keluarga, dan lainnya. Perusahaan harus secara sukarela berpartisipasi dalam media sosial untuk terlibat dengan konsumen dan membangun komunitas.

 

Bila perusahaan memberikan kebutuhan ini, pelanggan akan bergerak menuju brand perusahaan. Dan berikut adalah lima cara membangun brand melalui media sosial dikutip dari Sproutsocial.com.

  1. Gunakan media sosial untuk menceritakan kisah.

Perusahaan harus membuktikan kepada konsumen bahwa perusahaan dapat dipercaya. Hal ini bisa dilakukan melalui cerita kreatif di media sosial yang memikat hati konsumen.

 

  1. Bagikan konten yang berguna.

Perusahaan berbagi pemikiran, preferensi, sudut pandang, dan gagasan melalui media sosial.  Perusahaan harus mengambil kesempatan ini untuk membuat konsumen dapat membagikan konten tersebut.

 

  1. Berhubungan langsung dengan konsumen.

Lebih dari 66% generasi saat ini menggunakan media sosial. Perusahaan perlu langsung dengan target audiens untuk memastikan perusahaan menjangkau target yang tepat. Setiap jaringan sosial diperlakukan berbeda disesuaikan dengan konten yang diberikan.

 

  1. Libatkan karyawan senior.

Sebuah studi BrandFog menunjukkan 81% responden mengatakan bahwa mereka lebih percaya pada brand ketika eksekutif perusahaan ikut aktif menggunakan media sosial.

 

  1. Buat pengalaman yang tidak terlupakan.

Jika perusahaan ingin pelanggan terus-menerus kembali, perusahaan harus menciptakan pengalaman positif untuk mereka. Media sosial dapat membuat dampak ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

 

Jika Anda atau perusahaan Anda berminat untuk mengembangkan brand loyalty melalui media sosial, maka Rumah Asyam adalah partner yang tepat. Sudah banyak perusahaan yang menjadi klien. Jadi silahkan hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.