Keunggulan Pemasaran Menggunakan Media Sosial (Bagian 1)

Keunggulan Pemasaran Menggunakan Media Sosial (Bagian 1)

 

Digital Branding Indonesia – Dengan popularitas pemasaran digital yang meningkat, banyak perusahaan yang sedang menyelidiki bagaimana media sosial dapat membantu mereka mempromosikan produk dan layanannya kepada  target pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada. Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan LinkedIn saat ini menjadi situs media sosial teratas yang digunakan perusahaan.

Namun secara umum, media sosial memiliki keunggulan untuk memasarkan produk, diantaranya:

 

1.Terjangkau

Metode periklanan tradisional seperti iklan televisi dan radio, penempatan iklan media cetak, mapupum berpartisipasi dalam acara promosi bisa menyedot biaya mahal. Sedangkan untuk mendaftar di media sosial adalah gratis. Jadi ini adalah cara yang terjangkau untuk mempromosikan produk dan layanan, sambil membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

 

2.Target Pasar Besar

Ketika Anda beriklan di situs web atau majalah, Anda memiliki akses terbatas, tetapi situs media sosial memberikan pemilik bisnis akses untuk menjangkau khalayak luas yang dapat memilih untuk “menyukai” atau “mengikuti” bisnis Anda dan pembaruannya. Facebook sendiri memiliki lebih dari 750 juta pengguna, LinkedIn memiliki lebih dari 120 juta pengguna dan lebih dari 3 miliar video YouTube ditonton per hari.

 

3.Instan/Cepat

Saat beriklan di majalah atau situs web, Anda mungkin harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum iklan Anda dapat dipublikasikan. Dengan media sosial, Anda dapat mengumumkan penjualan atau acara khusus segera setelah Anda menyelesaikan rencananya. Media sosial memberi pemilik bisnis kemampuan untuk berbagi informasi, seperti posting blog, kiat dan gagasan serta kupon secara cepat.

 

4.Interaksi

Saat Anda ingin mengetahui produk yang paling disukai pelanggan, minta pelanggan mendaftar untuk menerima buletin email baru Anda atau melihat bagaimana mereka menggunakan produknya, dan Anda dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung melalui media sosial. Ajukan pertanyaan dan saksikan seberapa cepat penggemar dan pengikut Anda menjangkau serta memberikan respon. Pelanggan bahkan dapat meninggalkan pesan di halaman Anda jika mereka memiliki masalah layanan pelanggan. Pemasaran dengan media sosial memungkinkan Anda untuk memberikan mereka bantuan secara cepat. Jaringan media sosial juga memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan pengusaha dan tokoh lain di industri mereka. Informasi yang diterima dapat membantu Anda meningkatkan cara Anda mengelola, mengoperasikan, memasarkan, atau membiayai perusahaan.

 

5.Loyalitas

Ketika pelanggan merasa bahwa mereka memiliki cara yang cepat untuk mengakses Anda jika mereka memiliki pertanyaan, maupun merasa benar-benar dipedulikan pendapatnya, mereka akan menjadi lebih loyal kepada merek Anda. Pemasaran media sosial memungkinkan Anda mengembangkan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan dan pengikut setiap kali Anda memposting, membagikan, atau merespons pembaruan status atau video.

 

6.Mendongkrak Lalu lintas Situs Web

Jika lalu lintas situs web Anda turun, pemasaran media sosial mungkin merupakan media yang dapat membantu meningkatkan jumlah orang yang mengunjungi situs Anda dan berapa lama mereka bertahan di dalamnya, serta mendorong mereka untuk terus kembali. Anda dapat menggunakan media sosial untuk memposting tautan ke produk dan layanan yang Anda tawarkan di situs web, atau Anda dapat menautkan pelanggan dan pengikut ke postingan di blog Anda.

 

Masih bingung cara menangani media sosial? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami punya solusi yang jitu! Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com        

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.