Karakteristik Branding

Karakteristik Branding

 

Digital Branding Indonesia – Ada banyak karakteristik branding. Kunci keberhasilan perusahaan di pasar adalah menciptakan brand yang diinginkan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada. Penting juga bagi brand untuk memiliki keunikan, misalnya nilai yang diadopsi perusahaan, kualitas, atau posisi layanan di pasar. Brand juga harus dikelola dengan cermat di sepanjang siklus hidup produk mereka, karena perusahaan terkadang perlu melakukan inovasi untuk keberadaan yang lebih lama.

 

Lantas, apa saja karakteristik branding yang dapat menguatkan posisi perusahaan di pasar?

 

  • Target ability (Targetabilitas)

Brand perusahaan harus dapat ditargetkan. Artinya, pemilik harus bisa mengidentifikasi jenis-jenis pelanggan yang paling mungkin membeli brand mereka. Tidak ada satu brand pun yang dapat menarik seluruh pasar. Karenanya, perusahaan harus fokus pada segmen prospek yang lebih sempit untuk hasil yang lebih besar. Perusahaan sering menggunakan demografi seperti usia, pendapatan, dan pendidikan sebagai elemen target utama. Geografi, gaya hidup dan pola pembelian juga bisa dijadikan pertimbangan.

 

  • Awareness (Kesadaran)

Kesadaran akan brand adalah persentase orang yang menyadari brand tertentu. Perusahaan yang sudah mapan biasanya menikmati tingkat kesadaran brand tertinggi. Ada banyak cara untuk membangun kesadaran akan brand, misalnya melalui televisi, radio, majalah, surat kabar, dan iklan internet. Logo juga membantu perusahaan membangun kesadaran brand, karena orang sering mengenali brand dengan simbol atau visual ini. Jenis kesadaran brand terbaik adalah kesadaran top-of-mind, dimana saat orang memikirkan suatu brand tertentu terlebih dahulu ketika ditanya. 

 

  • Consistency (Konsistensi)

Brand juga harus tetap konsisten sepanjang keberadaannya. Perusahaan membuat banyak janji dalam iklan perusahaan maupun brand, dan konsumen mengharapkan perusahaan untuk terus memenuhi janji-janji ini. Misalnya, pelanggan dapat membeli pembersih tertentu karena sangat efektif menghilangkan noda lemak. Oleh karena itu, tidak masalah jika pelanggan membeli brand tersebut selama sebulan atau setahun kemudian. Namun pastikan roduk harus tetap efektif dalam menghilangkan noda lemak.

 

  • Loyalty (Loyalitas)

Loyalitas brand adalah pencapaian atau puncak tertinggi untuk perusahaan manapun. Loyalis brand adalah saat pelanggan membeli merek tertentu secara eksklusif. Banyak pelanggan lebih suka menggunakan brand pakaian, deodorant atau sabun tertentu. Mereka menyukai cara kerja brand favorit mereka, atau menikmati manfaat brand tertentu. Cara terbaik untuk membangun loyalitas brand adalah tetap berhubungan dekat dengan pelanggan. Ketahui fitur atau karakteristik produk apa yang paling penting bagi pelanggan. Perusahaan juga harus memastikan bahwa brand mereka terus tersedia di toko untuk mempertahankan loyalitas brand tingkat tinggi.

 

Jadi, sudahkah Anda membangun branding yang kuat? Jika belum, ayo segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan membantu Anda mewujudkannya dan menjadi pemenang. Segera hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.