Karakter Brand Yang Sukses

Karakter Brand Yang Sukses

 

Digital Branding Indonesia – Persaingan dunia bisnis makin sengit. Namun terkadang penawaran produk atau layanan berkualitas lebih diutamakan perusahaan dibandingkan mengembangkan pencitraan merek (branding) yang efektif , padahal hal tersebut sering kali menjadi jantung bagi perusahaan yang sedang berkembang. Brand akan menjadi persepsi yang dipegang seseorang di benak mereka tentang perusahaan, produk, layanan, ide, dll. Membangun brand adalah penerapan upaya yang disengaja dan terampil untuk menciptakan persepsi yang diinginkan perusahaan dalam pikiran orang lain atau target konsumen.

 

Untuk itu, ada baiknya Anda memahami karakteristik umum dari brand yang sukses, sehingga Anda dapat membangun brand dengan tepat.

 

  1. Pengetahuan akan Target Konsumen

Brand-brand terbaik memiliki pemahaman menyeluruh tentang demografi target pasar mereka, apa minat mereka, dan bagaimana mereka berkomunikasi, untuk memberikan arah untuk strategi dan jangkauan kampanye pemasaran, bersama dengan identitas keseluruhan dari suatu brand, sambil menciptakan hubungan personal antara bisnis dan audiensnya. Menemukan pendekatan pengenalan akan brand yang tepat membutuhkan pemahaman kuat terhadap target pasar.

 

  1. Keunikan

Membangun identitas brand membutuhkan sesuatu yang khas. Misalnya, Apple telah dikenal di seluruh dunia karena produk inovatif mereka dan daya tarik estetika yang minimalis. Ketika datang ke perusahaan jasa, Pizza Domino menjamin bahwa pizza mereka akan tiba dalam 30 menit atau gratis. Menciptakan identitas di pasar tidak menuntut ide revolusioner. Itu hanya perlu memiliki satu hal khusus yang membedakannya dari pesaing. Begitu sebuah perusahaan mengetahuinya, maka ia dapat berkonsentrasi pada hal itu dan terus konsisten.

 

  1. Semangat

Membangun brand dalam jangka pendek tanpa semangat, hampir tidak mungkin untuk mempertahankannya dalam jangka panjang. Semua orang besar dan sukses seperti Steve Jobs, memiliki hasrat serius yang terus mendorong mereka untuk bekerja keras dan terus menghasilkan sesuatu yang lebih besar. Dan semangat akan mudah menular kepada orang lain.

Konsumen juga akan menjadi sama antusiasnya dengan produk atau layanan yang bergairah. Gairah juga membantu bisnis bertahan melalui kemunduran yang tak terelakkan.

 

  1. Konsistensi

Ketika konsumen melakukan pembelian ulang, mereka biasanya mengharapkan untuk menerima tingkat kualitas yang sama seperti yang mereka dapatkan pertama kali. Tidak ada yang ingin berurusan dengan perusahaan yang tidak dapat mereka andalkan untuk konsistensi. Dengan banyaknya persaingan industri, ketidakkonsistenan sering menjadi alasan bagi konsumen untuk beralih ke tempat lain.

Itulah mengapa sangat penting untuk mematuhi standar kualitas tertentu dengan produk atau layanan. Contoh brand yang menawarkan konsistensi luar biasa adalah McDonald’s. Makanan cepat saji ini melayani pelanggan dengan menu yang konsisten di seluruh dunia. Apakah seseorang memesan di Indonesia atau Amerika, mereka tahu bahwa Big Mac akan terasa sama.

 

  1. Daya saing

Mendapatkan keunggulan dalam dunia bisnis saat ini bukanlah hal yang mudah. Setiap karyawan harus berkembang dalam persaingan dan terus berusaha untuk meningkatkan. Dalam industri apa pun, tidak ada yang hanya duduk dan berharap bahwa konsumen akan melakukan pekerjaan untuk mereka. Sebaliknya, karyawan menjadi penggerak dan pelopor yang bekerja untuk membangun dan mengoptimalkan brand, melampaui ekspektasi konsumen.

 

  1. Eksposur

Perusahaan yang lebih besar memiliki keuntungan mendapatkan jangkauan luas karena mereka biasanya memiliki anggaran pemasaran yang lebih besar dan koneksi yang lebih banyak. Mereka dapat membayar iklan televisi, tampil di majalah yang diakui secara global, dan mendapat peringkat tinggi di halaman pencarian internet.

Namun, internet dan media sosial telah mempersempit kesenjangan antara perusahaan kecil dan perusahaan besar. Ada lebih banyak alat yang menawarkan perusahaan kesempatan untuk membangun brand mereka melalui kehadiran di jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dan Google+, dan siapa pun dapat menjangkau hampir semua konsumen.

 

  1. Kepemimpinan

Biasanya ada pemimpin yang berpengaruh di balik setiap brand yang sukses. Untuk perusahaan besar, ini mungkin CEO. Untuk yang lebih kecil, biasanya pemiliknya. Pemimpin menyelesaikan konflik dan bertindak sebagai penghubung antara departemen yang berbeda untuk menjaga semua orang pada arah yang sama. Mereka juga ahli motivator dan tahu bagaimana memaksimalkan kekuatan dari anggota tim yang berbeda.

 

Ingin memperkuat brand Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.