Hubungan antara Desain Produk dan Strategi Bisnis

Hubungan antara Desain Produk dan Strategi Bisnis

 

Digital Branding Indonesia – Bersaing di pasar bebas yang diisi oleh banyak perusahaan multinasional raksasa membutuhkan pengembangan produk baru untuk mempertahankan pangsa pasar, terutama untuk perusahaan menengah dan kecil. Untuk itu, diperlukan desain produk yang unik dan efektif dalam pengenalan pasar sebagai salah satu unsur penting dari strategi bisnis sebuah perusahaan.

 

Tapi, apa sebenarnya hubungan antara desain produk dan strategi bisnis? 

 

  • Desain produk

Pengembangan produk adalah proses dimana tim pemasaran menetapkan persyaratan produk, tim desain mengembangkan prototipe kerja dan tim produksi menentukan bagaimana produk akan diproduksi. Desain konsep digunakan untuk mengevaluasi ide produk untuk awal pengujian pasar. Jika review calon pelanggan atau tenaga penjualan menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki potensi pasar, maka langkah selanjutnya adalah membahas karakteristik produk seperti penampilan, fungsi dan uji pasar. Jika tes pasar berhasil, bentuk desain dimulai untuk mengidentifikasi opsi desain. Pilihan desain mengarah pada implikasi untuk pengembangan produk. Desain produk yang disukai kemudian dipilih dan diuji. Tes pasar yang sukses mengarah pada desain produk rinci dan menarik, yang mengarah pada penciptaan prototipe produksi. Prototipe ini kemudian secara resmi disetujui oleh pemegang keputusan.

 

  • Strategi bisnis

Strategi bisnis adalah rencana yang memandu perusahaan agar untung. Strategi memastikan bahwa perusahaan mempertahankan loyalitas pelanggan melalui ekstensi produk (produk baru berdasarkan penawaran saat ini), perubahan dalam bauran produk (berbagai produk pelengkap) dan penyesuaian harga atau biaya. Strategi mencerminkan keputusan mengenai produk apa yang dipasarkan dan produk apa yang harus ditinggalkan.

 

  • Desain dan Strategi Produk

Pelanggan membuat keputusan pembelian berdasarkan harga, kualitas, dan desain produk. Akibatnya, strategi desain produk adalah elemen kunci dari strategi bisnis perusahaan, yang pertama kali menentukan karakteristik dan kinerja layanan dan barang baru yang dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pendapatan penjualan. Desain produk adalah sarana dimana permintaan pelanggan untuk produk baru dan bervariasi dapat dipenuhi, dan menjadi fokus utama strategi bisnis.

 

  • Pelaksanaan

Pelanggan mencari produk khusus, pengiriman produk yang tepat waktu, produk yang aman, produk yang mudah digunakan dan produk yang memerlukan sedikit perawatan serta produk yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi dan didukung oleh jaminan. Selain itu, beberapa pelanggan mempertimbangkan dampak lingkungan suatu produk dalam hal produksi, fungsi, dan pembuangannya. Preferensi pelanggan ini adalah pertimbangan utama dalam pengembangan strategi desain produk dan strategi bisnis.

 

Jadi, apakah Anda sudah menentukan desain produk yang tepat untuk mendukung strategi bisnis? Ayo segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Dengan didukung tim desain yang hebat dan berpengalaman, Kami akan membantu Anda menjadi pemenang.

 

Segera hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.