Fakta Menarik Pengaruh Media Sosial bagi Perusahaan

Fakta Menarik Pengaruh Media Sosial bagi Perusahaan

 

Digital Branding Indonesia – Beberapa tahun lalu, media sosial masih menjadi konsep yang mungkin belum jelas. Namun, kini telah berkembang begitu pesat sehingga beberapa situs jejaring sosial memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan pun juga telah bergabung di dunia media sosial, dan semakin jarang menemukan perusahaan yang tidak memiliki media sosial.

 

Namun, sangat penting bagi perusahaan untuk meneliti risiko dan manfaat media sosial dan membuat strategi yang memperhitungkan faktor-faktor tersebut.

 

  • Types (Jenis)

Media sosial adalah kategori luas yang mencakup situs jejaring sosial, blog, situs ulasan daring, serta situs berbagi foto dan video. Media sosial mencakup situs yang dijalankan oleh perusahaan, seperti blog atau situs web sendiri, dan situs pihak pengguna yang dapat “berteman” atau “mengikuti” satu sama lain. Perusahaan sering menggabungkan kedua strategi tersebut untuk menjangkau pelanggan sebanyak mungkin. Misalnya, mereka dapat membuat profil di situs jejaring sosial populer, dan kemudian mendorong pengikut untuk mengunjungi blog atau websitenya untuk mendapatkan penawaran khusus.

 

  • Benefit (Manfaat)

Media sosial dapat meningkatkan strategi pemasaran perusahaan karena kemampuannya menjangkau pelanggan baru atau lebih luas. Media tradisional seperti televisi atau iklan cetak dapat menjangkau pelanggan dewasa, sedangkan media sosial dapat menjangkau konsumen muda, yang sering mendapatkan sebagian besar berita, informasi, dan hiburan dari Internet. Mengapa? Karena media sosial lebih interaktif daripada banyak media pemasaran tradisional, serta dapat meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Misalnya, jika perusahaan menggunakan media sosial untuk meminta pelanggan memberikan umpan balik dan pendapat, pelanggan akan merasa dirinya penting bagi perusahaan, yang berpotensi meningkatkan loyalitas mereka.

 

  • Risk (Risiko)

Media sosial memungkinkan perusahaan dapat menyebarkan pesan dengan cepat ke pelanggan dan beragam latar belakang, namun hal ini juga membawa risiko yang harus dipertimbangkan perusahaan. Berbagai situs melayani pelanggan yang sangat berbeda, sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi target pelanggan untuk setiap situs dan menyesuaikan pesan mereka sesuai. Misalnya, beberapa situs menyasar remaja atau mahasiswa, sehingga Anda tidak dapat menggunakan pesan yang sama yang Anda gunakan untuk menarik pelanggan dewasa. Juga, setelah Anda mengirim pesan melalui media sosial, Anda tidak dapat mengambilnya kembali bahkan jika Anda menghapusnya. Karena pada saat itu, mungkin sudah banyak orang yang telah membagikan postingan Anda. Selain itu, apa pun yang Anda posting dianggap informasi publik, dan Anda bisa melihatnya dikutip di media lain.

 

  • Policy (Kebijakan)

Menetapkan kebijakan media sosial perusahaan dapat mencegah rasa malu atau kesalahpahaman kepada publik. Beri tahu karyawan apa yang diizinkan untuk dibagikan di profil media sosial perusahaan dan informasi apa yang dilarang. Buat daftar kata, kalimat, atau bahasa lain yang tidak boleh digunakan karyawan ketika memposting atas nama perusahaan. Juga, buat strategi untuk berinteraksi dengan publik melalui media sosial, misalnya, jika pelanggan memposting keluhan tentang perusahaan secara online. Putuskan apakah karyawan berwenang untuk merespon langsung ke pelanggan yang tidak puas, atau apakah mereka harus menyampaikan pesan tersebut ke departemen lain.

 

Media sosial sudah menjadi keumuman bagi semua perusahaan untuk terus bertumbuh. Untuk itu, perusahaan Anda pun juga harus siap bersaing melalui media sosial. Ayo segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Dengan didukung tim yang hebat dan berpengalaman, Kami akan membantu Anda menjadi pemenang. Segera hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.