Elemen Dasar Strategi Produk

Elemen Dasar Strategi Produk

 

Digital Branding Indonesia – Perusahaan harus melakukan perencanaan yang matang saat meluncurkan produk hingga pemasaran/penjualan selanjutnya. Tim produk mengikat setiap langkah strategi produk dengan perkiraan reaksi konsumen terhadap produk. Jika produk terjual dengan baik, mereka bisa memperluas strategi untuk meningkatkan distribusi produk. Jika produk gagal memenuhi prediksi penjualan, mereka mempercepat penghentiannya.

 

Perusahaan sebaiknya memahami elemen kunci dalam strategi pemasaran produk yang akan digunakan untuk mendorong pendapatan dan mengembangkan kampanye iklan.

 

  • Target Pasar

Target pasar adalah demografi yang dirasa paling tertarik untuk membeli produk. Beberapa kategori yang digunakan untuk mengidentifikasi target pasar adalah usia, jenis kelamin, lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan situasi keluarga seperti lajang atau menikah dengan anak-anak. Perusahaan dapat menetapkan target pasar dengan menggunakan data historis untuk produk serupa, melakukan survei pasar dengan subjek uji yang cocok dengan banyak kelompok demografi potensial, atau dengan memeriksa kecenderungan konsumen dari berbagai kelompok.

 

  • Penetapan harga

Pendapatan yang dihasilkan dari strategi produk bergantung pada elemen penetapan harga yang akurat. Harga produk terdiri dari biaya untuk memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan produk serta margin keuntungan yang diinginkan. Margin keuntungan dapat berupa persentase dari total harga jual atau dapat berupa jumlah yang ditetapkan. Misalnya, Anda dapat menentukan bahwa laba harus 40 persen dari harga jual akhir atau keuntungan itu dapat ditetapkan pada sekian rupiah per unit. Metode yang digunakan untuk menetapkan laba didasarkan pada kebijakan perusahaan.

 

  • Diferensiasi

Salah satu elemen yang akan memenangkan promosi produk adalah dengan membedakan produk dari pesaing. Pastikan produk yang ditawarkan tidak sama dengan pesaing dan gunakan informasi itu dalam materi iklan dan pemasaran. Lebih mudah untuk fokus pada satu atau dua perbedaan signifikan daripada mencoba mengisi materi iklan dengan grafik perbandingan yang komprehensif.

 

  • Jadwal Pemasaran

Strategi produk memiliki jadwal. Buat garis waktu strategi dan kembangkan pencapaian untuk mengukur kemajuan kampanye. Jadwal memudahkan untuk membuat tenggat waktu untuk item seperti peningkatan produk, pengembangan materi pemasaran, dan mencapai proyeksi pendapatan.

 

Ingin mengiklankan produk Anda secara digital? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.