Elemen Apa yang Diperlukan dalam Desain Website?

Elemen Apa yang Diperlukan dalam Desain Website?

 

 

Digital Branding Indonesia – Merancang sebuah website setidaknya memerlukan empat elemen, yaitu tata letak, halaman individual, struktur navigasi, dan gambar. Setiap elemen ini dapat disesuaikan untuk kebutuhan website, apakah itu untuk situs pribadi atau bisnis. Website menyampaikan informasi di internet secara visual, sehingga keempat elemen ini berkontribusi pada daya tarik bagi pengguna komputer.

 

  • Lay Out (Tata letak)

Seperti halnya tata letak majalah, konten internet disusun menjadi beberapa bagian. Di bagian atas adalah tajuk, yang berisi nama website. Konten utama ditampilkan di bawah tajuk, dengan elemen navigasi di kolom di sebelah kiri. Footer membentang secara horizontal di bagian bawah website. Tata letak web dasar dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan , apakah untuk pribadi atau bisnis.

 

  • Page (Halaman)

Setelah tata letak desain website keseluruhan telah ditentukan, beberapa halaman dapat ditambahkan. Halaman pertama disebut halaman “Beranda”. Halaman tambahan sering menyertakan halaman “Tentang”, “Kontak” dan halaman informasi tambahan. Setiap halaman website menggunakan tata letak yang sama untuk memberikan tampilan yang koheren secara keseluruhan. Halaman web dipersonalisasi dengan teks dan gambar mereka sendiri.

 

  • Navigational Structure (Struktur Navigasi)

Pengguna komputer harus memiliki cara untuk menavigasi sesuatu melalui website. Struktur navigasi berfungsi paling baik bagi pengguna komputer ketika mudah dipahami dan ditandai dengan jelas pada setiap halaman. Tautan navigasi dapat ditempatkan di bawah tajuk atau di samping konten utama di sisi kiri atau kanan. Tautan navigasi dapat dalam urutan abjad atau dalam urutan yang paling mungkin digunakan. Tautan itu sendiri harus memiliki warna font yang berbeda atau menggunakan tombol grafik agar menonjol. Tautan “Beranda” biasanya dicantumkan pertama atau terakhir.

 

  • Images (Gambar)

Internet adalah media visual, sehingga gambar merupakan elemen penting dalam desain website. Gambar termasuk logo perusahaan, foto, gambar, background, tombol navigasi, tombol jejaring sosial dan jenis gambar lainnya. Gambar mempersonalisasi desain website dan menambah tampilan grafis yang kuat. Seharusnya ada gambar visual di setiap halaman situs web, selain gambar di header dan footer. Gambar bisa sederhana atau kompleks.

 

Ingin mengembangkan desain perusahaan yang profesional? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami punya solusi yang jitu! Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.