Efektifitas Warna Logo Perusahaan

Efektifitas Warna Logo Perusahaan

 

Digital Branding Indonesia – Logo bisa  dianggap sebagai wajah pertama perusahaan yang dilihat konsumen, dan merupakan suatu lambang identitas dari suatu brand yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dan salah satu poin penting untuk mendapatkan logo yang menarik adalah warna. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para marketer untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing perusahaan.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bevil Conway menyimpulkan bahwa orang memberikan keputusan untuk menggunakan suatu produk setelah 90 detik dengan melihat desain web dan iklan. 85% minat konsumen bergantung pada warna logo dari produk dan 80% dari pencitraan suatu brand.

 

Namun tidak sembarang warna boleh digunakan karena menentukan nasib dari sebuah perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar sanggup mengeluarkan biaya tinggi demi mendapatkan desain yang luar biasa dan berpengaruh. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.

 

Berikut beberapa contoh arti di balik warna yang dipakai pada logo perusahaan :

1. Merah

Warna merah biasanya identik dengan gairah, berani dan menstimulasi suatu aksi. Warna merah mampu membangkitkan luapan semangat dalam hal apapun. Pada dunia bisnis warna merah biasanya digunakan untuk merangsang nafsu makan di restaurant, menarik perhatian pembeli dengan penulisan pada papan keterangan penjualan barang-barang diskon, dll. Perusahaan yang menggunakan warna merah pada logo diantaranya Coca Cola, Mc Donalds dan Honda.

 

2.Biru

Warna biru menggambarkan ketenangan, keyakinan, keseriusan, kepercayaan dan menstimulasi produktivitas sehingga sering digunakan sebagai lambang kantor. Perusahaan yang menggunakan warna biru misalnya Skype, Twitter, Oreo dan Aqua.

 

3.Kuning

Pada dunia bisnis warna kuning melambangkan langkah yang optimis, penuh energi dan kreatif. Biasanya digunakan juga untuk menarik perhatian orang yang sedang melihat-lihat produk yang dijual. Perusahaan yang menggunakan warna kuning diantaranya National Geographic, Yellow Pages dan Nikon.

 

4.Coklat

Warna coklat sangat identik dengan warna tanah, dan berkaitan dengan sifat rendah hati, sederhana, klasik serta nostalgia. Dalam dunia bisnis sering diartikan sebagai ulet dan memiliki daya tahan yang tinggi serta eksklusif. Perusahaan yang menggunakan warna ini misalanya Nescafe, m&m’s dan Lux.

 

5.Hijau

Warna hijau terkesan alami. Desain logo yang memakai warna hijau, mayoritas adalah produk yang dihasilkan dari alam dan mengedepankan kesegaran dalam setiap produk yang ditawarkan. Warna hijau juga melambangkan harmoni yang penuh dengan kedamaian. Misalnya pada logo Sprite, Carlsberg dan Kappersky.

 

6.Hitam

Hitam disimbolkan sebagai kekuatan, elegan dan mewah. Semakin besar kita ingin memberikan kesan kuat pada perusahaan, maka semakin banyak juga warna hitam yang digunakan dalam desain logo. Perusahaan yang menggunakan warna hitam adalah Nike, Adidas, Apple dan Hilton.

 

Dengan mengetahui arti warna dan filosofi ini, para pengambil keputusan harus benar-benar memahami konsep warna yang akan diambil sebagai logo perusahaan agar komunikatif dan program branding yang dituju berhasil.

 

 

(Indra Armyanto / dari berbagai sumber)

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.