Dua Alasan Kenapa Internal Branding Itu Penting

Dua Alasan Kenapa Internal Branding Itu Penting

 

Digital Branding Indonesia – Pemasaran biasanya membawa external branding untuk menjangkau pasar dan menciptakan kesadaran akan brand perusahaan untuk menumbuhkan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Setiap tahun, perusahaan menginvestasikan uang dan sumber daya yang signifikan ke dalam upaya pemasaran ke luar perusahaan. Namun itu tidak berarti, kecuali brand sudah memiliki basis pelanggan potensial.

 

Namun untuk mencapai tujuan, perusahaan harus tetap melibatkan sumber daya di internal perusahaan. Faktanya Forbes menemukan bahwa hanya 50% karyawan yang percaya pada ide brand perusahaan mereka. Ini mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa karyawan hanya terlibat dengan pemasaran brand, namun sangat sedikit yang langsung ditujukan kepada mereka. Seringkali, tim pemasaran mengomunikasikan kampanye iklan baru kepada tim, hanya untuk menjaga mereka tetap up to date, daripada mengenalkan tim pada misi perusahaan. Kebanyakan pemimpin lupa menggunakan sumber daya untuk meyakinkan karyawan bahwa perusahaan mereka memberikan produk atau layanan unik, dengan asumsi bahwa karyawan hanya bekerja berdasarkan kontrak kerja.

 

Berikut dua alasan utama mengapa penting untuk mengembangkan internal branding :

  1. Internal branding menumbuhkan budaya perusahaan.

Perusahaan harus memastikan karyawannya percaya pada brand, dan mengapa perlu memisahkan pemasaran menjadi ‘eksternal’ dan ‘internal’?. Itu karena perusahaan melayani dua tujuan yang sangat berbeda: pemasaran eksternal menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan, dan pemasaran internal menumbuhkan budaya perusahaan yang kuat di mana karyawan dapat mengatur, memotivasi diri dan menumbuhkan hubungan yang erat dengan perusahaan. Harvard Business Review berpendapat bahwa karyawan yang percaya pada brand perusahaan memiliki tingkat produktivitas dan loyalitas yang lebih tinggi kepada perusahaan. Focus pada strategi internal branding akan memastikan semua pemangku kepentingan termasuk karyawan, mendorong perusahaan ke arah yang benar.

 

  1. Karyawan pemasar garis depan

Pemasaran internal akan mengubah karyawan menjadi brand ambassador, yang berarti lebih banyak tenaga yang menjual brand perusahaan. Tiba-tiba, perusahaan memiliki tim promosi tambahan:, yakni karyawan. Edelman Trust Barometer menemukan bahwa 41% responden yang disurvei percaya bahwa karyawan adalah sumber yang paling dapat dipercaya ketika menyangkut informasi tentang bisnis. Apalagi saat ini karyawan adalah pengguna media sosial aktif yang berpotensi mengkomunikasikan tentang brand perusahaan, asalkan mereka dilibatkan dalam setiap aktivitas perusahaan. Dengan menghubungkan mereka dengan visi misi perusahaan dan menyediakan konten unik yang dapat mereka bagikan, perusahaan dapat memanfaatkan saluran online mereka dan memaksimalkan jangkauan perusahaan. Karena brand yang kuat tidak dibangun oleh departemen pemasaran saja, tetapi juga setiap karyawan di seluruh departemen.

 

Ingin memperkuat internal branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.