Corporate Social Responsibility

Corporate Social Responsibility

 

Digital Branding Indonesia – Perusahaan yang baik akan selalu mengupayakan harmonisasi dengan masyarakat. Seperti dengan melaksanakan suatu kegiatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau penduduk sekitar, menjaga lingkungan sekitar, memberikan beasiswa pendidikan kepada masyarakat yang kurang mampu, membangun fasilitas umum, dan memberikan bantuan berupa dana ataupun kebutuhan pokok untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Aktivitas ini lebih dikenal dengan nama Corporate Social Responsibility (CSR).

 

CSR diartikan sebagai suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

 

Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan“, yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang.

 

 

Kotler & Lee (2005) menjelaskan bahwa terdapat beberapa bentuk CSR, yaitu:

  • Cause Promotion

Perusahaan menyediakan dana, bentuk kontribusi dan atau sumber daya perusahaan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap masalah sosial, atau mendukung penggalangan dana, berpartisipasi atau menjadi sukarelawan bagi masalah tersebut. Aktivitas semacam ini dapat dikelola sendiri oleh perusahaan atau dengan menjadi partner utama dari suatu kegiatan yang mengangkat masalah sosial atau dapat juga dengan menjadi salah satu sponsor dari sebuah kegiatan sosial.

 

  • Cause-Related Marketing

Komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi atau mendonasikan beberapa persen dari keuntungan penjualannya untuk mengatasi permasalahan sosial. Umumnya kegiatan ini dilakukan pada suatu produk dalam periode waktu tertentu untuk sebuah kegiatan sosial yang bekerja sama dengan organisasi non profit dengan menciptakan hubungan saling menguntungkan demi peningkatan angka penjualan yang sebagian keuntungannya diberikan kepada kegiatan sosial tersebut.

  • Corporate Social Marketing

Perusahaan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan perubahan perilaku, untuk memperbaiki kesehatan masyarakat, keamanan, dan kesejahteraan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Kampanye perubahan perilaku ini dapat dibuat dan diterapkan sendiri oleh perusahaan atau dengan melibatkan organisasi non-profit serta sektor publik lainnya.

  • Corporate Philanthrophy

Perusahaan memberikan kontribusi secara langsung dalam sebuah kegiatan atau permasalahan sosial tertentu dengan memberikan bantuan uang tunai, donasi atau pelayanan.

  • Community Volunteering

Perusahaan memberikan dukungan dan mendorong karyawan serta mitra bisnis menyediakan waktunya untuk mendukung komunitas dan permasalahan lokal.

  • Social Responsible Business Prcatices

Perusahaan mengadopsi dan melakukan praktek bisnis dan investasi yang mendukung permasalahan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas dan memelihara lingkungan.

 

Manfaat CSR untuk perusahaan, diantaranya :

  1. Meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.
  2. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  3. Membedakan perusahaan tersebut dengan para kompetitornya.
  4. Memperkuat brand perusahaan di mata masyarakat.
  5. Mmberikan inovasi bagi perusahaan tersebut.

 

Manfaat CSR untuk masyarakat, diantaranya :

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatkan kelestarian lingkungan hidup sekitar.
  2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
  3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  4. Adanya pembangunan fasilitas masyarakat yang sifatnya sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

 

 

Saat ini ada banyak perusahaan besar yang memberikan perhatiannya terhadap lingkungan hidup dan melakukan program CSR (Corporate Sosial Responsibility), misalnya :

1.      Danone (Air Mineral Aqua)

Danone melakukan program CSR yang dikenal dengan WASH (Water, Acces, Sanitation, Hygiene Program) yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan berkontribusi secara aktif serta berkelanjutan untuk memberikan solusi atas suatu permasalahan yang berhubungan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Program ini lebih dikenal dengan “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”

 

2.      PT Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

PT Sinde Budi Sentosa melakukan program CSR dengan cara melestarikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Program ini berkerjasama dengan Sinde dan WWF Indonesia. Dimana Sinde mendonasikan dana dari hasil penjualannya tersebut untuk program pelestarian Badak Jawa di Ujung Kulon.

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.