Contoh Branding Dalam Pemasaran

Contoh Branding Dalam Pemasaran

 

Digital Branding Indonesia – Branding adalah teknik pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan deskripsi yang diinginkan untuk produk atau perusahaan di benak konsumen. Contoh-contoh di bawah ini dapat menunjukkan kepada perusahaan kecil bagaimana menggunakan branding secara efektif untuk perusahaan mereka.

 

Symbol

Branding sering kali mengambil bentuk simbol yang dapat dikenali dan mudah diidentifikasi oleh konsumen, seperti logo. Contohnya logo “swoosh” Nike, lengkungan emas McDonald’s dan apel yang digunakan oleh Apple Computers. Logo biasanya muncul pada semua produk dalam beberapa bentuk dan digunakan dalam iklan dan kampanye promosi. Simbol yang sukses memungkinkan konsumen untuk mengidentifikasi produk atau perusahaan bahkan jika namanya tidak terlihat.

 

Slogan

Seperti simbol, slogan membangun citra brand. Slogan yang berhasil digunakan dalam perusahaan seperti jaminan yang membuat konsumen mengasosiasikan perusahaan dengan kepercayaan. Slogan-slogan yang sukses tertanam dalam benak konsumen dan mungkin tetap ada di sana selama perusahaan berdiri.

 

Differentiation

Perusahaan dapat menggunakan branding untuk membedakan diri dari kompetitor. Misalnya, perusahaan dapat memposisikan diri sebagai inovator, yang menunjukkan bahwa pesaingnya menawarkan produk atau jasa yang sama yang telah disediakan selama bertahun-tahun. Saat masalah lingkungan menjadi isu penting bagi konsumen, perusahaan dapat mencoba menjadikan dirinya beroperasi lebih bersih dan efisien daripada pesaing. Perusahaan juga bisa menggunakan branding untuk membuat gambaran selalu menawarkan harga terendah.

 

User Experience

Branding juga ditunjukkan oleh pengalaman konsumen yang coba diciptakan oleh perusahaan. Misalnya, McDonald’s menggunakan iklannya untuk menciptakan citra sebagai tempat yang menyenangkan bagi orang tua untuk membawa anak-anak mereka, selain menjadi tempat untuk makan makanan cepat saji.

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.