Color In Branding

Color In Branding

 

Digital Branding Indonesia – Warna telah lama dipahami sebagai sesuatu yang merangsang sisi visual kita dan sering digunakan sebagai salah satu aspek yang membuat brand menjadi menarik. Banyak penelitian menyebutkan bahwa masing-masing warna memiliki efek yang berbeda bagi konsumen. Perusahaan akan mudah mempengaruhi konsumen dengan memilih kombinasi warna yang tepat untuk brandnya sesuai dengan maksud dan tujuan yang hendak dicapai.

 

Seberapa besar warna dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk?

  • 85% konsumen menyatakan warna sebagai alasan utama saat membeli produk.
  • 80% orang percaya bahwa warna meningkatkan nilai brand.
  • 90% penilaian akan brand tanpa sadar hanya berdasarkan warna saja.
  • Dalam waktu 90 detik masyarakat akan menilai produk berdasarkan warna.

 

Dalam memilih warna brand, harus dipahami apa yang ingin disampaikan dan tujuan dari perusahaan yang akan diwakili brand. Karena masing-masing warna memiliki arti.

 

Berikut adalah 6 warna favorit yang sering dipakai dalam brand :

  1. Biru

Menggambarkan percaya diri, loyalitas dan ketenangan. Baik digunakan untuk perusahaan keuangan, lembaga sosial dan industri kecantikan.

Contoh : Twitter, Aqua

 

  1. Merah

Menggambarkan warna yang penuh kekuatan, dinamis, gairah, merangsang nafsu makan dan perhatian. Gunakan secara minimal agar tidak terlalu kuat.

Contoh : Coca Cola, Kentucky FC, PMI

 

  1. Kuning

Cerah dan energik! Menggambarkan kehangatan, positif dan keceriaan. Baik digunakan untuk segala usia dan restaurant (membangkitkan gairah makan).

Contoh : Ikea, Shell

 

  1. Hitam

Menggambarkan kekuatan, keanggunan, kewenangan dan sepanjang waktu. Sering digunakan pada dunia fashion, editorial dan brand mewah.

Contoh : Puma, Louis Vuitton

 

  1. Hijau

Menggambarkan kesegaran, keseimbangan dan ramah lingkungan. Juga menunjukkan kekayaan, pertumbuhan, ajakan dan sikap positif.

Contoh : Android, Starbucks

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.