Cara Mudah Product Branding

Cara Mudah Product Branding

 

Digital Branding Indonesia – Branding adalah seni memberikan kepribadian dan citra sebuah produk atau perusahaan melalui nama, kemasan, logo, warna, dan pesan. Namun, secara umum branding adalah “janji Anda kepada pelanggan.” Ada lebih banyak branding daripada sekadar sebuah nama yang menarik, Anda harus dapat melakukannya dengan benar agar sukses.

 

Jadi, bagaimana cara mudah untuk melakukan product branding?

  1. Dapatkan pemahaman tentang siapa pelanggan potensial Anda dan bagaimana produk Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. Gunakan data survey sendiri atau firma riset pasar untuk menyusun profil target konsumen. selanjutnya, Anda harus tahu bagaimana Anda dapat memposisikan brand Anda kepada pelanggan potensial.
  2. Pahami positioning dan branding produk dari pesaing. Perhatikan ciri unik yang diberikan brand mereka kepada konsumen Anda. Identifikasi celah pasar yang mungkin cocok untuk brand Anda.
  3. Gunakan informasi yang telah dikumpulkan tentang konsumen dan pesaing untuk menentukan bagaimana Anda harus memposisikan brand Anda kepada target konsumen. Jika Anda memproduksi tas tangan, misalnya, Anda dapat memposisikannya sebagai barang mewah, atau sesuatu yang berfungsi dengan baik untuk penggunaan sehari-hari.
  4. Kembangkan nama untuk brand Anda, pastikan bahwa nama tersebut sesuai dengan gambar yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan. Nama seperti “Luxe” menyiratkan kemewahan, sedangkan “Mama” menyiratkan keluarga. Usahakan agar nama itu singkat dan mudah diingat untuk membuatnya tetap diingat oleh konsumen. Pastikan nama yang Anda pilih tidak memiliki hak cipta atau merek dagang, dan juga tidak terlalu mirip dengan brand lain di pasar yang sama.
  5. Buat slogan yang pendek, unik dan panjangnya di bawah lima kata, jika memungkikan. Pastikan bahwa itu menggambarkan dengan jelas tentang brand Anda.
  6. Perhatikan semua elemen tentang brand Anda, termasuk logo, warna, font dan kemasan. Pastikan semua item ini sejalan dengan gambar yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan. Gunakan logo, slogan, dan elemen lainnya dalam semua komunikasi ke khalayak.

 

Anda bisa menggunakan situs jejaring sosial untuk memantau apakah pesan Anda tersampaikan kepada pelanggan dengan cara yang benar. Banyak media sosial yang menawarkan cara mudah dan murah untuk melakukan pengecekan.

Sebelum meluncurkan produk, pertimbangkan untuk melakukan uji pasar berskala kecil untuk memeriksa apakah keputusan branding Anda sudah tepat atau belum.

 

Masih bingung untuk melakukan branding pada produk Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami punya solusi yang jitu! Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.