marketing relationship, digital branding indonesia

Cara Jitu Memberikan Service Di Era Digital

Digital Branding Indonesia – Perkembangan teknologi saat ini membawa dampak pada media komunikasi yang diaplikasikan dan bermanfaat untuk pelayanan pelanggan. Selain itu juga penggunaan teknologi sekarang ini mampu mempermudah kita sebagai marketer untuk memberikan pelayanan pada pelanggan serta cara tersebut memang dipandang sebagai cara yang sangat jitu untuk sarana berkomunikasi, baik dengan pelanggan lama maupun baru. Terutama pada Social media, berkomunikasi melalui social media memang dirasa lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan cara-cara lama.

Beberapa cara lama yang diterapkan untuk pelayanan pelanggan ternyata memiliki kelemahan tersendiri. Selalu ada masalah yang terjadi saat pelanggan mencoba untuk in-touch dengan customer service dengan metode lama. Ketika pelanggan mencoba menghubungi customer service biasanya pelanggan sering kesulitan mencari nomor yang benar dan aktif. Setelah menemukan nomor yang aktif, kadang lama perbincangan sering kurang produktif. Belum lagi bila pulsa pelanggan tiba-tiba habis dan mereka harus menelpon customer service untuk kedua kalinya dan mengikuti prosedur yang sama dan dirasa cara lama sangat tidak efektif dan efisien sekali.

Kenapa Social Media memudahkan kita memberikan pelayanan pada pelanggan?

Social Media untuk sekarang ini memang telah menjadi portal penghubung antara kita dengan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sosial media dapat kita gunakan sebagai sarana untuk membangun pelayanan yang baik dengan pelanggan :

1. Komunikasi dengan respon cepat
Ketika pelanggan memposting pertanyaan di wall Facebook atau me-mention Anda di Twitter, admin Anda akan langsung menerima pemberitahuan dan merespon keluhan atau pertanyaan mereka.

2. Interaksi yang lebih personal
Yang pelanggan inginkan adalah perbincangan antara manusia dengan manusia, bukan manusia dengan robot. Social media akan memberikan pengalaman interaksi yang lebih personal dan santai sehingga lebih nyaman untuk mereka.

3. Percakapan yang lebih transparan
Percakapan yang tercatat pada social media dapat dilihat oleh publik. Hal ini membuat pelanggan yang mengirimkan keluhan jadi lebih merasa didukung karena keluhannya dilihat oleh publik. Di sisi perusahaan, pelanggan potensial akan melihat bagaimana perusahaan menangani masalah. Selama keluhan ditangani dengan cepat, baik, dan efektif, maka kesan yang baik akan tertanam di benak semua follower Anda.

4. Mendukung branding
Setiap kali pelanggan mengeluh ke social media kita, tentu brand kita juga lebih sering disebutkan di social media tersebut. Inilah kesempatan kita untuk menunjukkan keahlian dalam menyelesaikan masalah secara cepat dan efektif sehingga branding jadi lebih efektif. Bila relevan, kita juga dapat menyisipkan link ke situs kita untuk memberikan informasi bagi pelanggan sekaligus menambah page viewer sehingga SEO ranking jadi lebih baik.

5. Mudah untuk follow-up
Tergantung pada berapa lama masalah tersebut terselesaikan, follow-up pelanggan akan jauh lebih cepat dan lebih mudah. Ini akan membuat pelanggan jadi lebih diperhatikan dan kedekatan personal antara brand dan pelanggan berkembang dengan baik.

Itulah beberapa alasan kenapa social media cocok untuk melayani pelanggan serta bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya. Karena penggunaan social media untuk pelayanan pelanggan sangat penting guna menjaga komunikasi yang baik antara Kita dan pelanggan. Kuncinya adalah penanganan yang professional dan kecepatan respon terhadap keluhan. Bila diaplikasikan dengan baik, bukan tidak mungkin pelanggan akan merasa nyaman dengan bisnis kita dan kondisi bisnis kita makin berkembang.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.