Branding Untuk Bisnis Pemula

Branding Untuk Bisnis Pemula

 

Digital Branding Indonesia – Apakah saat ini Anda sedang mempersiapkan sebuah bisnis baru ? Bagaimana langkah sukses untuk membangun sebuah brand ?

 

Branding tidak sekedar tentang logo dan pola warna, dan bukan saja hanya untuk perusahaan yang besar. Brand adalah cara menjelaskan identitas bisnis kita ke target pasar serta membantu pelanggan dan calon pelanggan untuk terikat secara emosional.

 

Berikut 10 tips untuk mengembangkan brand bagi bisnis pemula yang dikutip dari Purple House Media:

  1. Tentukan Target Konsumen.

Identifikasi siapa mereka dan apa yang mereka inginkan. Apa faktor yang mempengaruhi mereka untuk menginginkan atau membutuhkan produk kita. Kemudian sesuaikan dengan penawaran produk kita dengan kebutuhan mereka.

 

  1. Brand Identity.

Brand kita seharusnya selalu diingat konsumen untuk memperkuat nilai perusahaan secara berkelanjutan. Hal ini akan membantu pelanggan untuk memilih produk kita dibandingkan kompetitor.

 

3. Brand Positioning

Cara perusahaan mendiskripsikan dirinya di pasar akan menentukan bagaimana konsumen lebih memilih perusahaan kita dibanding kompetitor. Apakah harganya kompetitif atau kualitas yang tinggi? Apapun yang dipilih harus diaplikasikan dalam pola marketing yang akan dijalankan.

 

  1. Keep It Simple.

Buatlah sebuah brand yang pendek, simple dan konsisten. Satu brand yang terpilih digunakan pada semua media komunikasi selamanya.

 

  1. Libatkan Semua Karyawan.

Bagaimana perusahaan melibatkan karyawan dalam brand akan mempengaruhi seberapa besar mereka dapat membantu memperkuat brand. Dorong mereka untuk terlibat aktif dan menyatu dengan perusahaan.

 

  1. Membangun Brand Plan.

Perencanaan brand yang matang akan menjamin brand menjadi kuat, bersih dan tidak mudah dipengaruhi dari luar.

 

7. Konsisten.

Ini penting untuk meyakinkan konsumen potensial agar selalu terhubung dan percaya dengan brand kita.

 

  1. Different Media.

Tidak penting media promosi apa yang dipilih, koran, radio, TV, media sosial, dll. Namun pastikan bahwa ukuran, warna dan posisi logo harus selalu digunakan secara benar dan konsisten.

 

9. Review.

Pastikan semua hal tentang branding yang tidak sesuai ditangani sebelum membesar. Menangani masalah sejak dini akan mencegah kerusakan jangka panjang.

 

  1. Melibatkan Pihak Profesional.

Jika semua hal sudah dilakukan namun tidak menunjukkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya untuk melibatkan agensi kreatif professional agar brand lebih kuat.

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.