Brand Positioning

Brand Positioning

 

Digital Branding Indonesia – Perusahaan harus bisa menjangkau pasar secara luas untuk menyebarkan keuntungan yang dijanjikan dan alasan konsumen untuk membeli.

 

Menurut Kevin Lane Keller (2008), brand positioning adalah suatu kegiatan perusahaan untuk mendesain penawaran dan image sehingga memberikan nilai yang berbeda didalam pikiran konsumen. Apa yang ada di benak konsumen ketika teringat akan brand kita. Hasil akhir dari positioning adalah keberhasilan dalam menciptakan fokus dalam benak konsumen serta alasan yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk kita.

 

Ada beberapa jenis brand positioning yang dapat kita pilih sesuai dengan tujuan brand yang ingin dicapai, yakni :

  1. Category positioning.

Perusahaan harus mendiskripsikan dirinya sebagai pemimpin atau pionir. Misalnya Xerox untuk mesin fotocopy, atau Cannon untuk Camera

 

  1. User positioning.

Produk diarahkan pada segmen kelompok konsumen tertentu. Misalnya computer dan software Apple digambarkan sebagai yang terbaik untuk desain grafis.

 

  1. Use/application positioning.

Diartikan bahwa produk adalah yang terbaik di bidangnya. Misalnya Nike digambarkan sebagai sepatu terbaik untuk berlari.

 

  1. Attribute positioning.

Diartikan memposisikan produk berdasarkan atribut atau sifat, misalnya simbol, lambang, ukuran, warna, keberadaan, kedudukan dan sebagainya. Misalnya Sirup Marjan memilih bulan puasa untuk pencitraan produk sehingga sangat menyentuh hati umat Islam.

 

  1. Competitor positioning.

Produk menggambarkan keunggulan dan perbedaan dengan kompetitornya. Misalnya 7Up disebut sebagai minuman ringan non cola (Uncola).

 

  1. Benefit positioning.

Produk menjanjikan keuntungan. Misalnya mobil Volvo menjanjikan keamanan berkendara.

 

  1. Quality/price positioning.

Produk diposisikan pada kualitas dan level harga tertentu. Misalnya parfum Channel no. 5 digambarkan sebagai parfum dengan kualitas tinggi.

 

  1. Triple benefit positioning.

Produk memberikan tiga keuntungan. Misalnya pasta gigi AquaFresh memberikan 3 keuntungan, yakni perlindungan gigi, nafas lebih segar dan gigi lebih putih.

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.