BRAND & BRANDING

BRAND & BRANDING

 

Digital Branding Indonesia – Kita pasti tahu bahwa setiap perusahaan memiliki brand. Namun tidak semua dari kita yang tahu apa itu brand atau branding itu?

 

Brand adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, desain atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu (Armstrong Kotler).

 

Dengan adanya dinamika didalam derasnya kompetisi pasar, sebuah brand membutuhkan kekuatan dan pengelolaan. Unsur-unsur yang mempengaruhi kekuatan sebuah merek adalah sebagai berikut :

  1. Tangible : Produk, packaging/kemasan, identitas visual, dsb.
  2. Intangible : Kualitas produk dan jasa.

 

Brand yang efektif akan menggambarkan siapa perusahaan, apa yang perusahaan buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga menetapkan relevansi dan kredibilitas perusahaan dihadapan prospek klien atau konsumen. Brand lebih dari sekedar tampilan logo yang menarik secara visual.

 

Sementara itu unsur-unsur yang menentukan tingkat kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand adalah :

  1. Janji yang diberikan sesuai dengan kenyataan walaupun hal ini tidak dinyatakan dengan jelas.
  2. Memberikan kepribadian tersendiri terhadap pengguna brand. Misal, pengguna mobil BMW akan merasakan lebih elegan dan eksklusif.
  3. Memiliki USP (Unique Selling Proposition). Munculnya sebuah brand sebagai dasar untuk membedakan perusahaan, produk atau layanannya dengan perusahaan, produk atau layanan lainnya (Miletsky dan Smith).

 

Apa itu Branding ?
Branding adalah adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen (Wijaya, 2011; 2012; 2013)

 

Branding bukan hanya tentang memenangkan target pasar supaya memilih brand perusahaan kita, tapi lebih penting lagi supaya pelanggan bisa melihat perusahaan sebagai satu-satunya yang terbaik yang mampu memberikan solusi untuk mereka.

 

Tujuan Branding :

  • Mampu menyampaikan pesan dengan jelas
  • Memastikan kredibilitas anda
  • Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional
  • Mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen
  • Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan

 

Dalam komunikasi brand, ada beberapa tahap yang perlu mendapat perhatian.

  • Brand Awareness (kesadaran terhadap merek). Brand yang belum dikenal, harus fokus pada awareness building.
  • Brand knowledge (pengetahuan tentang merek). Brand yang sudah dikenal tetapi kurang pemahaman, berarti perlu kerja keras untuk menjelaskan apa yang bisa diberikan brand kepada konsumen.
  • Brand Activation. Brand yang sudah dikenal dan dipahami, harus dicarikan kegiatan yang akan meningkatkan minat konsumen untuk mencoba atau membeli.
  • Brand loyalty (kesetiaan terhadap merek). Brand yang sudah dikenal, dipahami, dan dibeli harus dipikirkan untuk membuat konsumen beli lagi, dan lagi, dan lagi. Pada tahap ini, brand sudah bisa dikategorikan sebagai strong brand.

 

Proses branding haruslah kontekstual, disesuaikan dengan situasi brand dan tahapan pencapaiannya.

 

 

 

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.