Bagaimana Mengembangkan Kampanye Pemasaran yang Efektif ?

Bagaimana Mengembangkan Kampanye Pemasaran yang Efektif ?

 

Digital Branding Indonesia – Pemasaran mencakup riset awal yang mengarah pada pengembangan komunikasi dari pesan penjualan. Kampanye pemasaran dimulai dengan belajar tentang target pelanggan, pasar dan pesaing. Informasi tersebut dapat digunakan untuk memilih berbagai jenis media, membuat iklan dan promosi.

 

Jadi, bagaimana cara mengembangkan kampanye pemasaran yang efektif? Berikut adalah sedikit tips yang dikutip dari situs Chron. 

 

Research (Penelitian)

  1. Teliti pasar.

Tentukan apakah ada kebutuhan untuk produk atau layanan Anda, atau pelanggan mungkin tidak ingin membelinya. Lakukan ini dengan mencari pesaing dan memeriksa perbedaan antara bisnis mereka dan bisnis Anda. Carilah aspek unik tentang apa yang Anda jual. Misalnya, mungkin ada banyak restoran di kota Anda, tetapi Anda mungkin salah satu dari hanya sedikit yang melayani pelanggan vegetarian.

 

  1. Buat profil demografi pelanggan potensial.

Buat daftar jenis kelamin, usia, ras, lokasi, status perkawinan, pendidikan dan tingkat penghasilan dari pelanggan utama dan pelanggan sekunder. Lakukan survei pelanggan jika Anda memiliki akses ke nomor telepon atau alamat email mereka. Hubungi asosiasi perdagangan industri atau profesi Anda untuk riset yang telah mereka lakukan. Lakukan survei di situs web Anda dan tawarkan hadiah untuk partisipasi. Batasi ini kepada orang-orang yang telah membeli produk Anda secara online atau yang menggunakan kode pada kemasan produk.

 

  1. Teliti pesaing.

Hal ini untuk mempelajari harga, strategi promosi dan manfaat produk atau layanan pesaing. Bandingkan bisnis Anda dengan pesaing.

 

Product Development (Pengembangan produk)

  1. Tentukan apakah Anda perlu mengubah produk atau kemasan agar lebih bersaing di pasar.

Toko pakaian pria mungkin mempertimbangkan untuk menambahkan pakaian anak laki-laki. Seorang penata rambut mungkin mendapat manfaat dengan menambahkan facial, manicure padicure dan menjadi salon layanan lengkap.

 

  1. Kembangkan brand, gambar atau posisi untuk produk atau layanan Anda di pasar.

Merek Anda mungkin adalah bahwa Anda menawarkan kualitas biaya rendah, atau bahwa Anda menyediakan layanan kelas atas, atau Anda mungkin menawarkan brand-brand ternama. Posisikan diri Anda sebagai target pelanggan, misalnya kaum muda, konsumen kelas atas, atau para manula yang ingin praktis.

 

  1. Harga produk.

Setelah Anda tahu berapa harga yang perlu Anda bebankan untuk menghasilkan laba, tentukan apakah Anda akan melemahkan persaingan? Jual dengan harga yang kompetitif atau lebih tinggi. Posisi harga rendah berbeda dari harga tinggi di mata konsumen. Harga rendah menurunkan margin keuntungan Anda tetapi dapat membantu mengambil pangsa pasar dari pesaing dengan harga lebih tinggi. Harga yang tinggi dapat mengurangi penjualan tetapi memberi Anda margin yang lebih tinggi dan mungkin memposisikan Anda sebagai produk atau layanan berkualitas lebih tinggi.

 

Promotion (Promosi)

  1. Tentukan di mana Anda akan menjual produk Anda.

Berdasarkan target pelanggan dan posisi brand Anda, opsi terbaik Anda mungkin masuk ke toko ritel, online, katalog, TV atau dengan direct mail. Pertimbangkan harga dan brand ketika Anda memilih saluran distribusi. Menjual produk high-end sebaiknya di pasar dengan pendatang high-class juga.

 

  1. Kembangkan kampanye hubungan masyarakat untuk menghasilkan perhatian media gratis tentang produk Anda.

Kirim siaran pers ke surat kabar, asosiasi perdagangan industri, majalah, situs web dan stasiun radio/TV. Tulis siaran pers Anda untuk fokus pada kelayakan berita kepada publik daripada membuat komunikasi Anda dibaca seperti iklan gratis. Jika Anda adalah bisnis baru, tekankan sudut itu dalam publikasi lokal. Jika Anda telah memenangkan penghargaan, mainkan itu. Jika Anda menciptakan pekerjaan di sebuah komunitas, temukan fakta itu.

 

  1. Buat kampanye iklan untuk mengirim pesan terkendali ke pasar.

Media memiliki alat riset sendiri, yang berisi demografi pembaca, pemirsa atau pendengar dari surat kabar, majalah, situs web, stasiun TV atau stasiun radio. Dengan menggunakan profil pembaca di alat riset media, Anda bisa memilih demografi pemirsa yang serupa dengan target pelanggan Anda.

 

Gunakan promosi untuk menghasilkan lebih banyak kesadaran brand atau produk. Buat promosi di toko, seperti kupon, display lorong atau sampling produk. Acara sponsor, seperti konser amal, lelang, atau acara olahraga. Sumbangkan produk ke badan amal untuk undian atau lelang.

 

Ada banyak media kampanye pemasaran yang bisa Anda pilih, misalnya media sosial, mobile apps, website, dll. Mulailah bersama Rumah Asyam. Kami akan senang membantu Anda menemukan media kampenye pemasaran yang tepat untuk Anda. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.