Bagaimana Cara Menangani Komentar Negatif Di Media Sosial Perusahaan?

Bagaimana Cara Menangani Komentar Negatif Di Media Sosial Perusahaan?

 

Digital Branding Indonesia – Komentar negatif di media sosial sering mengguncang perusahaan. Ada ketakutan bahwa media sosial akan mendiskreditkan atau menghancurkan reputasi perusahaan. Berurusan dengan komentar negatif di media sosial terkadang tidak menyenangkan, tetapi Anda dapat meredakannya jika memiliki rencana yang tepat dalam menanganinya untuk melindungi perusahaan. Buatlah rencana tentang perkiraan apa yang harus dilakukan jika seseorang mulai menyerang media sosial perusahan.

 

Jadi, apa saja yang harus Anda masukkan dalam rencana tersebut?

  • Cantumkan Kebijakan dalam Berkomentar

Mari mulai dengan hal-hal dasar. Buat komentar dan posting kebijakan, apa jenis komentar dan posting yang akan diizinkan tercantum di media sosial perusahaan. Kebijakan harus jelas tentang bahasa, komentar atau posting yang tidak dapat diterima. Misalnya, kebijakan yang menyatakan bahwa bahasa kotor tidak akan ditoleransi atau bahwa semua komentar harus sesuai dengan topik. Jelaskan apa yang akan terjadi jika kebijakan itu dilanggar. Apakah perusahaan akan mencekal pengguna untuk jangka waktu tertentu atau secara permanen? Buatlah sangat spesifik dan sejelas mungkin.

 

  • Pedoman Penanganan Negatif

Panduan ini berguna untuk menangani komentar atau posting negatif tentang produk, layanan, atau perusahaan secara umum. Ikuti panduan ini dan perusahaan dapat menyelesaikan semua masalah.

  • Panduan 1: Berikan Komentar atau Posting dengan Cara yang Efektif

Sebagian besar komentar negatif bermula dari kesalahan bisnis, kesalahpahaman, negatifitas umum tentang perusahaan dan karyawan yang tidak puas atau mantan karyawan. Identifikasi kategorinya dan berikan komentar dengan cepat dan tepat. Cobalah untuk mendapatkan solusi positif. Jangan takut untuk bertanya kepada pihak tersebut jika perusahaan dapat berdiskusi melalui temu langsung, telepon atau email sehingga perusahaan dapat menjelaskan secara detil. Pelayanan offline juga berguna untuk perlindungan mereka ketika menyangkut privasi.

 

  • Panduan 2: Tetap Berada dalam Pola Pikir yang Benar dan Jangan Membela Diri

Sangat mudah untuk bersikap membela diri (defensive) dan mengambil sesuatu secara pribadi. Namun reaksi defensif hanya akan memperburuk keadaan. Identifikasi masalah, bersikap sopan dan cepat temukan solusinya. Perusahaan tidak dapat membuat semua orang senang, namun perusahaan dapat memberikan semuanya untuk menyelesaikan masalah. Jangan membela pelanggan lain yang membela perusahaan agar tidak menambah masalah dan dapat saling menghormati.

 

  • Panduan 3: Jangan Takut Mengakui Kesalahan

Tidak ada perusahaan di dunia yang memiliki rekam jejak yang sempurna. Akui kesalahan dan berikan solusi secepat mungkin. Jangan takut untuk meminta maaf, karena terkadang itu sangat efektif untuk meredam seseorang yang bersikap negatif dan agresif

 

Ingin mengembangkan media sosial perusahaan Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.