Bagaimana Cara Kampanye Produk Yang Efektif?

Bagaimana Cara Kampanye Produk Yang Efektif?

 

Digital Branding Indonesia – Jika perusahaan baru saja meluncurkan produk baru, tidak mungkin konsumen mengenali dan membeli produk tanpa ada kampanye produk. Kampanye menggunakan berbagai media untuk mempromosikan item atau lini produk. Perusahaan yang ingin menjalankan kampanye yang sukses perlu melakukan beberapa perencanaan penting sebelumnya dan tetap mengawasi upaya pemasaran selama kampanye.

 

Berikut ini adalah cara promosi produk yang efektif :

  1. Tetapkan tujuan konkret untuk kampanye

Terkadang perusahaan hanya menetapkan tujuan kampanye produk pada hal-hal seperti “Jual unit lebih banyak” atau “Dapatkan keuntungan dalam dua bulan.” Padahal tujuan kampanye harus lebih spesifik. Gunakan tolok ukur yang dapat dianalisa seperti “Jual 1.000 unit dalam minggu pertama” atau “Perluas penjualan ke tiga wilayah utama.” Mengetahui apa yang ingin perusahaan lakukan akan membantu menyesuaikan upaya pemasaran perusahaan.

 

  1. Tentukan metode pemasaran.

Kampanye jarang mengandalkan media pemasaran tunggal. Buat daftar semua media yang mungkin membantu memasarkan produk, lalu pilih beberapa (berdasarkan jadwal dan anggaran) untuk dikejar. Metode dapat mencakup iklan cetak, televisi, radio, pemasaran online, dan acara promosi.

 

  1. Kenali audiens Anda.

Ketika perusahaan mulai memasarkan produk, perlu untuk mengetahui apa yang ingin dijual dan siapa yang akan membeli produknya. Jika perusahaan menjual barang yang menarik bagi konsumen landia, tentu tidak ada gunanya menggunakan iklan Facebook sebagai fokus utama kampanye. Sebaliknya, perusahaan dapat menggunakan iklan tradisional. Perusahaan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan untuk pemasaran online jika demografi utama adalah remaja.

 

  1. Buat pesan yang ditargetkan secara singkat.

Produk mungkin memiliki banyaj keunggulan yang relevan dibandingkan yang lain di pasar. Namun, tidak ada yang akan mengenali, tidak peduli seberapa tertariknya mereka dengan produk Anda. Berikan karakteristik positif produk ke beberapa poin pembicaraan utama. Bicaralah dengan semua orang di perusahaan yang telah mengerjakan produk tersebut. Mintalah umpan balik untuk menentukan apa nilai jual utama. Poin-poin ini adalah pesan yang ingin disampaikan dan terus dipromosikan selama masa kampanye.

 

  1. Analisis kemajuan.

Setelah kampanye pemasaran produk dimulai, pekerjaan belum selesai. Terutama ketika menyangkut kampanye yang lebih panjang, analisis kritis dari metode pemasaran adalah kunci untuk mempertahankan momentum. Jika salah satu media pemasaran yang dipilih tidak memberikan respon yang positif alihkan taktik. Tetaplah berpegang pada pesan di seluruh kampanye, Buatlah model pemasaran yang unik untuk memaksimalkan laba atas investasi pemasaran.

 

Ingin memperkuat strategi kampanye produk perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.