Aturan Pembuatan Logo untuk Penguatan Identitas Brand

Aturan Pembuatan Logo untuk Penguatan Identitas Brand

 

Digital Branding Indonesia – Pada pandangan pertama masyarakat dalam membaca karakter sebuah brand adalah melalui identitas visual yang ditampilkannya, dan elemen identitas visual yang terpenting adalah logo. Logo digambarkan berupa elemen grafis yang berbentuk ideogram, simbol, emblem, ikon, tanda yang digunakan sebagai lambang sebuah brand.  Logo selalu diterapkan dalam aplikasi identitas visual lainnya. Oleh karena itu penting untuk merencanakan logo yang dapat mencerminkan kepribadian dan jiwa sebuah brand.

Namun, jika Anda tidak mengikuti aturan dasar untuk mengembangkan dan melindungi logo, mungkin logo Anda akan merusak upaya Anda untuk mengembangkan identitas brand yang kuat. Berikut ini adalah beberapa aturan dasar yang bisa Anda pertimbangkan: 

 

  • Mendukung Identitas Brand

Logo Anda harus sesuai dengan identitas brand Anda. Misalnya, jika Anda berharap untuk mengembangkan identitas brand dengan target orang tua dan anak-anak, logo Anda tidak boleh menggunakan tipografi yang memiliki tepi tajam dan warna kontras yang tajam. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat font yang penuh warna atau warna-warni, yang lebih sesuai dengan identitas brand yang Anda coba kembangkan. Tentu saja, desain bersifat subyektif, jadi uji logo Anda pada teman dan keluarga untuk memastikannya cocok dengan gambar yang ingin Anda buat. Atau menyewa jasa graphic designer yang dapat menawarkan wawasan profesional dan ide-ide desain.

 

  • Jadilah Khas

Logo harus khas agar efektif. Jika logo Anda menyatu dengan warna background, misalnya, tidak ada yang akan melihatnya. Atau jika logo Anda membosankan dan dapat diprediksi, itu tidak akan membantu menciptakan identitas brand yang meyakinkan. Kuncinya adalah menciptakan sesuatu yang menarik dengan menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh logo pesaing. Misalnya, jika pesaing memiliki logo monokrom, maka buatlah desain logo berwarna-warni – tetapi jangan berlebihan atau norak, kecuali jika itu memang mendukung identitas brand yang ingin Anda kembangkan. Brand yang berorientasi pada kaum muda, mungkin cocok dengan logo yang tampak memberontak atau menjengkelkan dalam konteks positif.

 

  • Konsisten

Logo Anda harus tetap sama, di mana pun itu muncul, misalnya di pamflet, pengemasan produk, kop surat perusahaan, serta di semua iklan Anda. Tujuannya adalah untuk menciptakan identitas brand yang seragam dan membantu konsumen mengidentifikasi produk atau layanan Anda dalam sekejap. Sebaliknya, jika Anda membuat warna atau font logo yang berbeda-beda, kemungkinan konsumen tidak akan langsung menyadari bahwa itu logo yang mewakili satu perusahaan.

 

  • Hak Cipta Logo

Anda harus mengamankan hak cipta logo Anda sebagai kekayaan intelektual dan menjadikannya hak eksklusif Anda untuk menggunakannya sesuai keinginan. Mintalah bantuan pengacara untuk membuatnya legal. Langkah pertama, pengacara mungkin akan menganalisa dan membandingkan logo Anda dengan logo merek dagang lain, memastikan logo tidak melanggar desain orang lain dan cukup khas untuk memenuhi syarat menjadi hak cipta Anda. Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan brand ke dinas terkait. Setelah itu, pengacara Anda dapat membantu melindungi logo Anda dari pelanggaran oleh orang lain.

 

Rumah Asyam sangat berpengalaman dalam memmbuat logo dari berbagai perusahaan berbeda. Kami pastikan Anda akan memiliki logo yang khas, unik dan menarik perhatian target pelanggan. Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.