Arti Penting Brand Bagi Konsumen

Arti Penting Brand Bagi Konsumen

 

Digital Branding Indonesia – Bayangkan Anda berada di supermarket untuk mencari sabun mandi. Apakah Anda memilih Lifebuoy, atau brand lain dengan harga lebih rendah? Bagaimanapun, sabun tetaplah sabun. Fungsinya sama kan?

 

Namun, ketika konsumen harus memilih, brand seringkali menjadi faktor mendasar saat dihadapkan pada banyak pilihan. Konsumen bersedia membayar lebih untuk brand yang menciptakan persepsi kualitas, konsistensi, dan kepercayaan. Brand terkemuka seperti Lifebuoy lebih dari sekadar produk atau layanan — mereka membangkitkan ingatan dan emosi yang terkait dengan kualitas. Ketika konsumen memercayai suatu brand, itu membuat mereka loyal, dan ketika mereka loyal, mereka akan membeli lebih banyak.

 

Berikut ini adalah 7 alasan mengapa konsumen memilih suatu brand:

  1. Brand memberikan ketenangan pikiran.

Konsumen menginginkan kenyamanan, kebahagiaan, dan kepuasan dalam hidup mereka, dan mereka mendapatkannya sebagian melalui produk yang mereka beli. Jika brand yang mereka gunakan secara konsisten memberikan pengalaman positif, konsumen membentuk opini bahwa brand tersebut dapat dipercaya dan memberi mereka ketenangan ketika membeli.

 

  1. Brand menghemat waktu pengambilan keputusan.

Jadi suatu saat Anda berniat membeli HDTV baru dan memutuskan untuk mencari internet, kemudian Anda mengetikkan “HDTV”, maka Anda akan mendapatkan hasil lebih dari 100 ribu. Bagaimana Anda menyisihkan daftar itu ke sejumlah pilihan yang dapat detil? Anda cukup memilih brand. Misalnya, ketik “Samsung HDTV,” maka Anda sudah mengurangi pilihan menjadi sekitar 1000. Memilih brand membantu mengurangi kebingungan dan membuat Anda lebih mudah menemukan apa yang Anda cari.

 

  1. Brand menciptakan perbedaan.

Lorong supermarket atau toko offline lainnya memiliki banyak pilihan produk untuk dipilih konsumen secara langsung. Apa yang membuat konsumen memilih satu merek selai kacang dibandingkan yang lain? Branding membantu menentukan secara instan. Buatlah produk Anda berbeda dan lebih diinginkan daripada produk yang sebanding.

 

  1. Brand memberikan keamanan.

Orang, secara alami, umumnya menghindari risiko dan mencari keselamatan. Bayangkan Anda sedang dalam perjalanan bisnis di kota yang tidak dikenal, dan Anda harus memilih restoran untuk makan malam. Anda kemungkinan besar akan memilih brand restoran nasional daripada brand lokal karena Anda akrab dengan brand nasional tersebut. Ini adalah pilihan yang aman dan dapat diprediksi karena Anda tahu apa yang diharapkan. Brand menawarkan keamanan dan mengurangi risiko kekecewaan.

 

  1. Brand menambahkan nilai.

Mengapa konsumen membayar harga lebih tinggi untuk produk yang memiliki brand terkenal dibandingkan dengan produk tidak bermerek atau umum? Mungkin karena mereka sudah mempercayai  kualitas, tampilan dan jaminannya. Produk bermerek yang sukses akan menghasilkan lebih banyak uang untuk perusahaan mereka dengan harga premium.

 

  1. Brand mengekspresikan siapa kita.

Smartphone apa yang Anda miliki? Mobil apa yang Anda kendarai? Sepatu apa yang Anda pakai? Brand membuat pernyataan tentang siapa Anda dan ingin seperti apa Anda dipersepsikan. Orang-orang menjadi terikat secara emosional dengan Brand yang mereka gunakan dan melihatnya sebagai bagian dari citra diri mereka.

 

  1. Brand memberi konsumen alasan untuk berbagi.

Konsumen semua memiliki pendapat tentang hal-hal yang dialami dan ingin berbagi dengan orang lain. Baik itu buku yang bagus, tempat yang indah, atau makanan enak. Konsumen dapat menjadi pendukung brand ketika berbagi pengalaman tentang brand secara positif. Di era digital, konsumen memiliki lebih banyak peluang daripada sebelumnya untuk menyebarkan manfaat dari pengalaman. Brand yang kuat memberi konsumen alasan untuk berbagi pengalaman mereka.

 

Baik Anda adalah perusahaan besar atau kecil, membuat strategi pemasaran yang digerakkan oleh brand adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk memajukan bisnis Anda. Menciptakan brand yang kuat dan berbeda adalah kunci untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

 

Ingin memperkuat strategi brand perusahaan Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.