Apakah Bisnis Online Bisa Merugi?

Apakah Bisnis Online Bisa Merugi?

 

Digital Branding Indonesia – Bisnis online memiliki berbagai keuntungan, seperti biaya startup yang rendah, pemeliharaan yang minimal, dan kemampuan untuk mengatasi hambatan geografis dan bahkan bahasa. Bisnis ini beroperasi sepenuhnya online. Banyak dari bisnis ini berasal dari rumah pemiliknya.

 

Namun, bisnis online juga memiliki beberapa kerugian yang dapat membatasi, atau menghalangi keberhasilan. Apa saja poin yang bisa membuat bisnis online merugi? Berikut ini adalah gambarannya, dikutip dari situs Chron. 

 

Diperlukan Keahlian

Bisnis online memerlukan beberapa keahlian, misalnya pengetahuan tentang komputer dan internet secara umum. Tentunya, banyak bisnis online memiliki website sendiri, jadi Anda perlu tahu tentang bagaimana nama domain dibeli, bagaimana alamat email menggunakan nama domain dibeli atau dibuat, bagaimana merancang dan mempublikasikan website.

Meskipun, Anda bisa saja membuka bisnis online menggunakan website dan pasar siap pakai, seperti membuka toko di Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll. Namun pengetahuan tentang komputer masih diperlukan tentang cara pengoperasiaannya terutama untuk yang pertama kali. Apalagi banyak pesaing yang sudah memiliki situs yang lebih professional, sehingga Anda harus paham tentang bagaimana memaksimalkan tampilan bisnis yang diperlukan, untuk produk yang sama.

 

Mencapai Target Pelanggan

Luasnya jangkauan bisnis ke seluruh dunia web, juga dapat menjadi penghalang karena target konsumen terus-menerus dibombardir dengan pesan iklan dari bisnis online lainnya. Misalnya Anda menawarkan produk kerajinan tas wanita, maka ratusan ribu hasil akan muncul. Kecuali bisnis Anda telah membeli iklan di mesin pencari dengan kumpulan kata kunci yang bisa digunakan konsumen untuk mencari.

 

Keamanan

Keamanan juga bisa menjadi masalah untuk bisnis online dalam berbagai cara. Contohnya yang pertama, website kemungkinan bisa diretas oleh penipu dunia maya dengan memanipulasi informasi di sana, misalnya, pembayaran dapat dialihkan ke akun peretas. Kedua, informasi pelanggan bisnis online dapat dilanggar. Ketiga, selain mencuri nomor rekening atau mengalihkan dana, seorang hacker juga bisa mencuri informasi rahasia konsumen.

 

Hak Cipta

Bisnis online juga mengalami ancaman hak cipta. Hukum internet tidak memberikan perlindungan yang sama untuk pelanggaran hak cipta sebagaimana peraturan perdagangan berlaku untuk item fisik. Sehingga ide produk, logo, slogan, konten tertulis, desain, konsep, rentan disalahgunakan atau diambil tanpa ijin oleh pihak lain.

 

Namun jangan jadikan ancaman di atas sebagai penghambat Anda untuk memulai bisnis secara online, karena keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar. Jadi, sudah siapkah bisnia Anda bertarung di dunia maya? Ayo segera diskusikan keinginan Anda bersama Rumah Asyam. Kami akan membantu Anda menjadi pemenang, Hubungi kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com

COMMENTS

  1. Badar

    Saya kira baik offline maupun online, bisnis punya peluang dan resiko yang sama 🙂

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.