Apa Yang Membuat Konsumen Loyal Dengan Brand?

Apa Yang Membuat Konsumen Loyal Dengan Brand?

 

Digital Branding Indonesia – Saat ini brand harus melakukan banyak hal untuk mempertahankan kesetiaan konsumennya. Terobosan penjualan dengan metode terbaru memang penting dalam bisnis dan dapat mempercepat perkembangan bisnis, tetapi bisakah perusahaan melupakan konsumen lama?

Survei yang dilakukan oleh Toll Free Forwarding, sebuah perusahaan telekomunikasi di AS, menemukan bahwa 75% responden berpikir brand seharusnya menerapkan strategi yang lebih baik untuk mendorong brand loyalty.

 

Jadi apa sebenarnya hal-hal yang dapat mendorong konsumen tetap loyal? Berikut yang dicontohkan oleh Matthew Foster dari convinceandconvert.com

Corporate Social Responsibility (CSR)

Konsumen sekarang lebih cerdas dalam memberikan respon terhadap CSR. Konsumen lebih memilih brand yang memiliki persamaan tujuan atau perasaan. Misalnya perusahaan dapat menggunakan aspek unik dari bisnisnya, contoh brand makanan yang hanya menggunakan bahan lokal dalam mempromosikan nilai lebihnya.

 

Social Media

Social media saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk melayani konsumen. Ketika banyak orang tidak ingin menulis surat complain, mengirim email atau apapun bentuk interaksi dengan perusahaan, maka social media dapat menjadi jawabannya karena lebih mudah diakses. Perusahaan tidak dapat berinteraksi secara personal terhadap semua konsumen, namun perusahaan dapat memastikan bahwa mereka dapat diandalkan dan konsumen merasa diperhatikan.

 

Nostalgia

Mengenang pada nostalgia kegilaan atau fashion masa kecil selalu menyenangkan, apalagi yang saat ini menjadi viral di social media. Jika brand Anda memiliki sejarah panjang, maka gunakanlah, atau pikirkan tentang konsumen yang tumbuh bersamanya, sehingga konsumen akan merasakan ikatan dan keakraban.

 

Trust

Jadilah ahli di bidangnya dan target konsumen akan percaya dengan pendapat Anda. Juru bicara perusahaan tidak harus pendiri, tetapi harus yang dapat mengekspresikan kemampuan dan memberikan informasi penting di berbagai media, sehingga akan membantu meningkatkan penjualan, brand awareness dan promosi.

 

Discounts and Special Offers

Ini mungkin terlihat sederhana namun diskon dan penawaran khusus selalu dapat menarik konsumen. Kesetiaan konsumen dapat terjadi karena beberapa alasan, tetapi jika Anda memberikan penghargaan atas kesetiaan mereka, maka Anda tidak hanya memberikan pelayanan yang baik tetapi juga membangun hubungan yang menguntungkan. Konsumen yang merasa dihargai tidak akan memiliki alasan untuk berpaling.

 

Customer Service

Jika Anda memperlakukan konsumen dengan penuh respek dan kejujuran, maka mereka juga akan memberikan respon balik yang baik. Jangan lupakan konsumen setelah mereka membeli produk Anda. Pastikan mereka tahu Anda selalu siap memberikan pelayanan.

Menjaga konsumen lama tetap setia butuh kerja keras tetapi hasilnya akan setimpal. Orang-orang yang sering berinteraksi dengan produk, brand dan segala sesuatu tentang Anda/perusahaan merupakan target sempurna untuk produk-produk Anda selanjutnya.

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.