Apa Saja Media Promosi Yang Jitu?

Apa Saja Media Promosi Yang Jitu?

 

Digital Branding Indonesia – Ada 4 elemen yang bergabung untuk membuat strategi pemasaran yang sukses, yakni produk, harga, tempat dan promosi. Promosi berfungsi untuk menyampaikan pesan perusahaan kepada konsumen.

 

Dalam promosi sendiri, terdapat 4 senjata utama promosi, yaitu : adalah iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.

 

  • Iklan

Iklan adalah segala bentuk komunikasi atau promosi berbayar untuk produk, layanan, dan ide. Iklan tidak hanya digunakan oleh perusahaan tetapi juga pemerintah dan organisasi amal. Iklan berfungsi untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan, atau memperkuat pesan perusahaan, dan harus mengikuti strategi pemasaran yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

Anggaran untuk iklan harus melihat pada tahap siklus hidup produk, pangsa pasar dan basis konsumen, persaingan, frekuensi iklan dan substitusi produk. Pengembangan pesan dibagi menjadi empat langkah, pembuatan pesan, evaluasi dan pemilihan pesan, pelaksanaan pesan, dan peninjauan tanggung jawab sosial.

 

Setelah itu barulah memilih media iklan. Pilihan tergantung pada jangkauan media, frekuensi transmisi dan dampak potensial pada pelanggan. Berdasarkan pilihan jenis media ini dibuat dari koran, televisi, direct mail, radio, majalah dan internet. Perlu diperhatikan juga mengenai waktu penyiaran iklan agar menarik perhatian audiens target.

 

  • Promosi penjualan

Fokus promosi ini adalah untuk menciptakan keinginan konsumen untuk membeli. Insentif konsumen bisa berupa sampel, kupon, percobaan gratis dan demonstrasi. Insentif penjualan dapat berupa harga tetap selama periode tertentu, barang dan layanan gratis. Insentif tenaga penjualan dapat berupa bazaar, pameran dagang, dan kompetisi di antara para penjual.

 

Aktivitas promosi penjualan bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan baru, memberi penghargaan kepada pelanggan yang sudah ada, dan meningkatkan konsumsi pengguna tertentu. Aktivitas ini perlu mempertimbangkan audiens target, anggaran, respon kompetitif dan tujuan promosi. Setelah kegiatan diluncurkan, harus dikontrol agar tetap sesuai anggaran dan terus dievaluasi.

 

  • Hubungan Masyarakat

Perusahaan tidak dapat bertahan jika memiliki ikatan yang harmonis dengan pelanggan, karyawan, dan stakeholder yang berbeda. Fungsi media ini adalah untuk menangani siaran pers, mendukung publikasi produk, membuat dan memelihara citra perusahaan, menangani masalah dengan pihak luar, dan mendukung manajemen sehubungan dengan isu-isu publik.

 

  • Pemasaran langsung

Komunikasi ini terbentuk melalui hubungan langsung tanpa menggunakan perantara apa pun yang disebut sebagai pemasaran langsung. Pemasaran langsung dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau layanan. Pemasaran langsung telah menunjukkan pertumbuhan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Dan internet telah memainkan bagian utama dalam pertumbuhan ini. Pemasaran langsung menghemat waktu, membuat pengalaman konsumen menjadi pribadi dan menyenangkan, serta mengurangi biaya untuk perusahaan. Penjualan langsung bisa berupa direct mail, katalog pemasaran, telemarketing, TV dan toko offline.

 

Ingin mempromosikan perusahaan Anda dengan tepat?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.