Apa itu Promotion Mix ?

Apa itu Promotion Mix ?

 

 

Digital Branding Indonesia – Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau perusahaan adalah penggunaan promotion mix.

 

Promotional mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

 

Menurut Belch (2009) ada beberapa elemen yang terdapat di dalam promotion mix, diantaranya:

  1. Advertising

Adalah segala bentuk komunikasi non-personal melalui berbagai media massa seperti TV, radio, majalah dan koran mengenai informasi tentang perusahaan, produk dan jasa atau ide sebuah sponsor yang dikenal. Elemen komunikasi ini paling banyak digunakan karena dapat menjangkau target audience dalam jumlah yang lebih besar daripada elemen–elemen lain. Selain itu, advertising juga dapat membangun ekuitas merek dengan menciptakan brand image dan brand association melalui eksekusi iklan ke dalam benak konsumen.

  1. Direct Marketing

Merupakan sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan secara langsung kepada konsumennya. Umumnya aktivitas pemasaran ini dilakukan dengan cara mengirimkan direct mail, telemarketing dan direct selling kepada konsumen yang dituju. Untuk dapat melakukan hubungan secara langsung dengan para konsumen potensialnya maka perusahaan mengelola data based konsumen.

 

  1. Interactive/ Internet Marketing

Aktivitas pemasaran yang dilakukan secara interaktif melalui CD-ROMs, handphone digital, TV interaktif dan lain sebagainya atau secara online menggunakan jaringan internet untuk mengkomunikasikan produk dan jasanya. Melalui aktivitas ini, perusahaan dan konsumen dapat melakukan komunikasi 2 arah langsung secara real-time.

 

  1. Sales Promotion

Aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan cara memberikan nilai incentive kepada tim penjualan, distributor atau konsumennya secara langsung untuk mendorong penjualan dengan cepat. Sales promotion yang dilakukan kepada konsumen biasanya dengan membagikan sample produk, kupon dan lain sebagainya untuk mendorong konsumen agar langsung melakukan pembelian. Sedangkan sales promotion yang dilakukan kepada distributor dan pedagang dilakukan dalam bentuk kontes penjualan, pemberian harga khusus, penyediaan merchandising dan masih banyak lagi bentuk lainnya.

 

  1. Publicity/ Public Relations

Sama halnya dengan advertising, publikasi/public relations adalah komunikasi non-personal melalui berbagai media massa seperti TV, radio, majalah dan koran mengenai perusahaan, produk, jasa atau sponsor acara yang didanai langsung atau tidak langsung yang dilakukan dalam bentuk news release, press conference, artikel, film dan lain-lain.

 

Bedanya dengan advertising adalah, untuk masuk ke jaringan media massa perusahaan tidak mengeluarkan dana khusus melainkan menyediakan berita seputar produk dan jasa, melakukan event atau aktivitas lain yang menarik untuk diliput atau dipublikasikan oleh media massa. Sedangkan public relation adalah fungsi manajemen yang dilakukan untuk mengevaluasi perilaku publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur individu atau organisasi terhadap public interest serta mengeksekusi sebuah program untuk dapat diterima dan dipahami oleh publik. Tujuan utama public relation adalah untuk menciptakan dan mengelola image positif perusahaan di mata publik yang biasanya dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan dana, mensponsori acara khusus, berpartisipasi dalam aktivitas sebuah komunitas dan lainnya.

 

 

  1. Personal Selling

Adalah aktivitas komunikasi yang dilakukan secara langsung oleh pihak penjual untuk meyakinkan pembeli potensial membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Melalui aktivitas komunikasi ini, penjual dapat memodifikasi pesan komunikasi agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen serta mendapatkan feedback langsung dari konsumennya.

 

 

Sementara itu langkah-langkah untuk menyusun promotion mix dapat disusun sebagai berikut:

  1. Determine Your Target Market / Tentukan Target Market

Segmen dari orang-orang yang memerlukan atau mendapatkan manfaat dari jasa atau produk anda adalah Target Market anda. Dengan memahami prilaku dan sikap mereka akan membantu anda merancang pesan yang baik dan memilih cara yang terbaik dalam menjangkau mereka.

 

  1. Determine Your Objectives / Tentukan Sasaran

Kita harus menentukan respon yang anda inginkan dari target pasar anda, seperti memotivasi mereka untuk menclik ke Website anda atau Web ad.

 

  1. Design Your Message / Rancang Pesan

Rancangan dari komunikasi anda menyertakan dua faktor utama yaitu: content and format content. Konten adalah kata-kata dan gambar yang anda gunakan untuk menarik target market. Kita harus memberikan saran mengapa mereka harus merespon pesan. Selain itu masing-masing elemen dari promotion mix memiliki kebutuhan format tersendiri. Misalnya web advertising bergantung pada grafis, kejelasan dan warna, sementara personal selling melibatkan presentasi terstruktur dan handouts untuk berinteraksi dengan konsumennya.

 

  1. Select Your Promotional Channels / Pilih Saluran Promosi

Dengan memilih metode terbaik untuk menyusun pesan dan mengekstraksi most value dari sumber daya finansial dan kreatif yang ada maka kita dapat menyusun sebuah program komunikasi pemasaran terintegrasi yang memperkuat karakter perusahaan dibenak konsumen.

 

  1. Determine Your Budget / Tentukan Anggaran

Cara termudah dalam menentukan anggaran adalah mengesimtasi berapa banyak yang dihabiskan oleh kompetitior dan menyamainya. Cara lainnya dengan menyusun metode promosi yang diinginkan, kemudian membuat biaya aktual dari masing-masing saluran promosi dan menyusun sampai menemukan anggaran yang tepat

 

  1. Determine Your Promotional Mix / Tentukan Bauran Promosi Yang Tepat

Ketika sudah menyelesaikan tahap-tahap diatas, maka kita sudah dapat menentukan promotion mix yang diinginkan dan memformulasikannya secara aktual.

 

  1. Measure The Results Of The Implemented Program And Adjust As Needed / Mengukur Hasil dari Program yang Diimplementasikan dan Menyesuaikan jika Dibutuhkan

Peningkatan sales akan menjadi patokan untuk mengukur masing-masing kendaraan promosi yang digunakan. Kita perlu mengevaluasi apakah bauran promosi tidak hanya untuk mengoreksi kendaraan promosi yang tidak efektif namun juga untuk menyesuaikan  pertumbuhan.

 

 

[indra armyanto / dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.