Apa Itu Product Differentiation Dan Bagaimana Cara Mempromosikannya?

Apa Itu Product Differentiation Dan Bagaimana Cara Mempromosikannya?

 

Digital Branding Indonesia – Diferensiasi produk (product differentiation) adalah proses pembedaan suatu produk atau jasa untuk membuatnya lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu. Pembedaan tersebut dilakukan baik terhadap produk kompetitor maupun terhadap produk lain dari produsen produk itu sendiri. (Edward Chamberlin, Theory of Monopolistic Competition).

 

Diferensiasi produk merupakan salah satu sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Dalam mempromosikan diferensiasi produk, kuncinya adalah dengan jelas mengidentifikasi kualitas unik produk Anda dan mengapa mereka memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan yang juga berbeda-beda.

 

Perusahaan dapat membedakan diri mereka dalam berbagai cara. Salah satunya adalah mempromosikan nilai-nilai inti, seperti ramah keluarga, bertanggung jawab terhadap lingkungan, canggih, mewah atau terjangkau. Ada pepatah yang mengatakan “produk yang bagus menjual dirinya sendiri.” Namun sebenarnya, promosi masih diperlukan untuk menjual produk bahkan untuk produk yang hebat sekalipun, tetapi pekerjaan menjadi jauh lebih mudah ketika produk Anda berbeda atau lebih baik daripada pilihan lain yang mungkin dimiliki pelanggan. Dalam mempromosikan diferensiasi produk, Anda dapat memperoleh manfaat dari memilih salah satu dari tiga tema pemosisian umum, yakni manfaat, pengguna atau persaingan.

 

  • Manfaat

Mempromosikan produk Anda menggunakan keunggulan yang dimiliki adalah salah satu cara untuk mengesankan target pelanggan Anda dengan kehebatannya. Agar berhasil dalam pendekatan ini, Anda perlu membedakan fitur atau manfaat yang jauh lebih besar daripada yang ditawarkan pesaing lain. Misalnya, Apple sangat bergantung pada keunggulan teknologi dan inovasi yang unggul dalam memasarkan musik dan perangkat seluler terkini. Produk utama berada pada posisi terdepan untuk mempromosikan kekuatan produknya. Sedangkan produk pendukung dengan imitasi atau produk yang terkait erat harus memilih rute alternative untuk promosi.

  • Pengguna

Promosi yang berpusat pada pengguna produk yang berbeda berarti focus pada target spesifik dari produk dan pesan Anda terlebih dahulu. Meskipun Anda mencatat apa yang membuat produk Anda unik atau lebih baik, Anda tetap harus mulai dengan mengidentifikasi masalah utama, yakni kekhawatiran atau kebutuhan pasar. Sistem operasi Linux misalnya, adalah pesaing utama untuk Microsoft Windows. Linux menekankan keuntungan dari sistem open source yang ditawarkan kepada lebih banyak pengguna komputer yang mengerti teknologi dan menginginkan lebih banyak kontrol atas interface dan operasi komputer mereka. Meskipun ini adalah pilihan pelanggan, pendekatan berbasis pengguna Linux sebagai diferensiasi produk membantu mereka terhubung lebih baik dengan pelanggan.

 

  • Kompetitif

Salah satu pendekatan yang paling umum untuk mempromosikan diferensiasi produk dalam pasar yang sangat ramai adalah strategi kompetitif. Di sinilah Anda mengadu keunggulan produk Anda dengan kompetitor. Merek baru atau produk yang kurang dikenal sering dibandingkan dengan standar industri yang sudah ada untuk membantu mengangkat reputasi merek yang tidak dikenal. Contohnnya gerai Subway yang terkenal di luar negeri. Sejak masa awal Subway sandwich dipromosikan sebagai alternatif sandwich yang lebih sehat untuk makanan cepat saji yang ditawarkan oleh McDonald’s sebagai pemimpin industri. Pemimpin industri sendiri terkadang menggunakan manfaat dan posisi kompetitif dengan menyoroti mengapa produk mereka adalah standar industri.

 

Apakah Anda sudah siap mengembangkan product differentiation dan mempromosikannya agar lebih unggul dibanding kompetitor? Diskusikan dengan Kami sekarang juga, Kami akan senang berbicara dengan Anda. Telepon kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com .

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.