Antara Marketing Plan dan Marketing Strategy

Antara Marketing Plan dan Marketing Strategy

 

Digital Branding Indonesia – Banyak orang yang terjebak dan menyamakan antara marketing plan dengan marketing strategy, padahal kedua hal tersebut sangat berbeda.

 

Menurut McDonald (1993), Marketing plan adalah suatu urutan logis dan suatu rangkaian aktivitas yang  mengarah pada penyusunan tujuan-tujuan pemasaran dan bentuk-bentuk perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal tersebut adalah penerapan strategi sekaligus roadmap yang yang akan memandu dari satu titik ke titik lainnya. Berbeda dari strategi, rencana pemasaran adalah soal “bagaimana” kita mencapai tujuan pemasaran.

 

Persoalannya, kebanyakan orang berusaha untuk mencapai “bagaimana” tanpa terlebih dahulu mengetahui “apa.” Hal ini bisa berakhir dengan membuang-buang sumber daya bagi perusahaan, baik waktu maupun uang.

 

Ketika bicara tentang pemasaran, kita harus senantiasa mengenali apa dan kemudian menggalibagaimana. Strategi adalah pemikiran, sementara perencanaan adalah tindakan. Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja:

  • Goal : Untuk mendapatkan adopsi pasar yang lebih luas.
  • Marketing Strategy: Mengenalkan ke segmen pasar baru.
  • Marketing plan: mengembangkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi, dan memfokuskan pada segmen tertentu.

 

Apa saja yang termasuk dalam marketing plan?

  1. Executive summary/ringkasan pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan utama, rekomendasi, dana dan bagaimana kesuksesan bisnis akan diukur.
  2. Analisa tentang keadaan terkini, seperti kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan persaingan bisnis.
  3. Penaksiran terfokus pada kesempatan bisnis, misalnya penggolongan bisnis, kebutuhan pelanggan dan tantangan-tantangan bisnis yang dihadapi.
  4. Tujuan keuangan dan pemasaran. Bagian ini menekankan pada target keuntungan.
  5. Ringkasan strategi pemasaran. Misalnya mengenai target pasar, bagaimana produk akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga, serta bagaimana bisa mencapai tujuan marketing.
  6. Anggaran pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini adalah bagaimana cara membiayai rencana pemasaran tiap bulan. Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa dijual?

 

[dari berbagai sumber]

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.