6 Tips Mudah Membuat Media Sosial Menjadi Viral

 

6 Tips Mudah Membuat Media  Sosial Menjadi Viral

 

Digital Branding Indonesia – Geliat e-commerce semakin masif berkembang. Perusahaan dengan skala kecil samapi besar tertarik untuk menjajal kemampuan meningktkan pemasarannya melalui pasar internet. Bahkan ada anggapan perusahaan lama-lama akan terlibas jika tidak mengikuti tren tersebut.

 

Media Sosial merupakan salah satu alat penting yang dipakai dalam pemasaran e-commerce.  Media sosial diartikan sebagai sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

 

Namun menggaet follower di media sosial bukanlah perkara yang mudah. Padahal dengan jutaan pelanggan potensial yang bisa dicapai dari beragam platform media sosial, hal tersebut menjadi sebuah peluang besar terutama untuk bisnis skala kecil atau pemula. Diperlukan strategi dan tips untuk menggapai tujuan yang direncanakan.

 

Berikut 6 tips mudah untuk menjadikan media sosial kita viral atau terkenal yang disarikan dari berbagai sumber :

  1. Mengkapi profil dan brand pada media sosial perusahaan.

Buatlah sebuah media sosial yang well-branded. Untuk mempermudah identifikasi oleh konsumen   kita perlu menampilkan profil dan brand yang jelas dalam media sosial melalui logo atau gambar yang spesifik perusahaan sehingga orang tahu bahwa mereka berada pada profil yang benar-benar dituju. Berikan informasi sebanyak mungkin kepada followers sehingga tidak akan membuat mereka bingung dan bertanya-tanya apa sebenarnya isi dari konten media sosial.

 

  1. Membuat pelanggan Anda tertarik

Buatlah pelanggan tertarik. Misalnya dengan membuat ikon, logo atau gambar yang menarik yang menautkan pada profil media sosial dengan website perusahaan, sehingga pelanggan akan tertarik untuk melihat lebih jauh.

 

  1. Selalu terlibat dalam hashtag yang relevan

Saat ini, hashtag ibaratnya seperti berada di mana-mana dan mudah sekali dijumpai. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi perusahaan, karena hashtag dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk mengetahui topik apa yang sekarang sedang populer dan diinginkan oleh orang-orang. Orang-orang akan cenderung mem-follow jika perusahaan bisa selalu update dengan apa yang menjadi kebutuhan mereka.

 

  1. Membuat konten yang shareable

Membagi suatu informasi secara online dampaknya bahkan bisa lebih besar dibandingkan dari mulut ke mulut. Semakin banyak orang yang kita share mengenai informasi perusahaan, semakin besar pula peluang orang akan tertarik dengan perusahaan kita. Selalu up-to-date dengan apa yang orang bicarakan, sehingga kita dapat selalu menyediakan konten infomasi yang relevan.

 

  1. Promosikan konten yang terbaik

Ambil setiap kesempatan untuk mendapatkan konten terbaik dari dunia luar karena akan membuat mereka ingin menjelajahi lebih jauh dari apa yang kita katakan. Media sosial adalah salah satu bentuk terbaik dari sebuah promosi karena dapat menjangkau jumlah massa yang besar dan hanya membutuhkan biaya yang rendah.

 

  1. Membangun hubungan baik dan aktif berinteraksi dengan followers

Gunakan media sosial sebagai cara untuk benar-benar berkomunikasi dengan para followers dan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka benar-benar dihargai sebagai seorang pelanggan. Bisa dengan membuat polling, kuis atau diskusi dimana orang dapat terlibat dan berbagi pendapat mereka. Jangan menggunakan media sosial hanya sebagai alat pemasaran tambahan saja.

 

Dalam dunia sosial media, menjaga hubungan yang interaktif dan loyal dengan followers jauh lebih penting dibandingkan mendapatkan followers sebanyak mungkin. Kita harus selalu memantau bagaimana para followers berinteraksi dengan profil perusahaan, sehingga dapat memberi mereka lebih banyak informasi dari apa yang mereka inginkan. Dan ini akan berimbas pada keuntungan perusahaan.

 

[Indra Armyanto / berbagai sumber]

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.