5 Kesalahan Utama Dalam Marketing

5 Kesalahan Utama Dalam Marketing

 

Digital Branding Indonesia – Kampanye pemasaran yang dilakukan dengan benar tidak hanya dapat menghubungkan perusahaan dengan prospek yang tepat, tetapi juga akan membuat semua orang berbicara tentang perusahaan, produk atau layanan Anda. Sedangkan kesalahan pemasaran dapat merugikan perusahaan.

 

Berikut daftar lima kesalahan yang umumnya dibuat dalam pemasaran dan bagaimana perusahaan dapat menghindarinya.

 

  • Kurangnya Penelitian (Riset Pasar) dan Pengujian

Riset pasar dan pengujian sangat penting karena dapat menentukan kinerja dari setiap upaya pemasaran perusahaan, karena akan menentukan apa yang diinginkan pelanggan atau klien potensial perusahaan. Selalu pastikan perusahaan telah melakukan uji tuntas ketika menguji berbagai penawaran, harga, dan produk, kemudian dapatkan masukan dari pelanggan untuk melihat bagaimana rekasinya.

 

  • Fokus dan Pemosisian yang Tidak Tepat di Pasar

Jangan melakukan pemasaran hanya untuk membangun perusahaan, namun dalam prosesnya justru mengabaikan kesadaran akan brand. Buat strategi pemasaran yang menuntut tanggapan langsung dari pelanggan. Fokus yang tidak tepat dan posisi pasar yang salah dapat dihindari dengan mengikuti posisi pemasaran yang tepat.

 

  • Pemasaran Tanpa USP (Unique Selling Point)

USP adalah proposisi penjualan unik perusahaan. Ini adalah karakter utama yang akan memisahkan perusahaan dari kompetisi dan harus digunakan di setiap bagian materi pemasaran. Pikirkan USP perusahaan sebagai landasan filosofis dari bisnis Anda. Jangan memasarkan tanpa itu.

 

  • Gagal Menangkap Pelanggan Berulang

Perlu diingat bahwa 80% bisnis berasal dari pelanggan yang sudah ada dan 20 persen adalah hasil dari pelanggan baru. Gagal menjual kembali ke basis pelanggan perusahaan saat ini bisa memiliki efek yang merugikan pada keuntungan di masa depan. Peruasahaan akan dibebani biaya lima kali lipat lebih banyak saat menjual ke pelanggan baru dibandingkan ke pelanggan yang sudah ada.

 

  • Kurangnya Fokus pada Kebutuhan Pelanggan yang Potensial

Apakah perusahaan benar-benar tahu apa yang pelanggan potensial butuhkan dan inginkan? Perusahaan akan jauh di depan pesaing jika melakukannya, tetapi kenyataannya sangat sedikit perusahaan yang memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang pelanggan mereka butuhkan dan inginkan dari mereka. Rahasia untuk menghindari kesalahan umum ini adalah menemukan kebutuhan yang dapat dipenuhi perusahaan, kemudian penuhi kebutuhan itu lebih baik daripada pesaing.

 

Namun terkadang perusahaan sudah melakukan riset, meluncurkannya namun gagal. Apa yang terlewatkan? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mundur dan berpikir ulang, mengevaluasi kesalahan. Apakah pesan pemasaran sudah mencapai target? Mungkinkah pelanggan sudah memahami pesan pemasarannya? Apakah perusahaan melakukan riset yang memadai? Kurangnya penelitian adalah alasan sebagian besar kampanye yang gagal.

 

Ingin mengembangkan strategi pemasaran perusahaan Anda? Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda.

 

 

(Diolah dari berbagai sumber)

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.