5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Personal Branding

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Personal Branding

 

Digital Branding Indonesia – Memiliki personal branding yang hebat adalah hal yang penting di dunia kerja. Bahkan, jika Anda berkeinginan menjadi pengusaha yang inovatif dan profesional, memiliki rekam jejak yang positif akan menjadi sangat strategis bagi bisnis Anda.

 

Bahkan penelitian menunjukkan 52% responden mengatakan mereka kehilangan bisnis karena target pelanggan tidak menemukan jejak mereka secara online. Ini tentu mengkhawatirkan terutama untuk pengusaha dan pendiri startup yang tidak memiliki pelanggan potensial dan calon pelanggan justru menemukan informasi yang tidak tepat.

 

Maka dari itu, mulailah untuk membangun personal branding Anda dengan memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Penampilan adalah segalanya.

Banyak hal bagus yang dapat diperoleh secara profesional dari penampilan Anda. Anda harus menempatkan wajah terbaik Anda di depan. Menurut Claire Bahn, CEO Profil Online Pro, para ahli memperkirakan dibutuhkan kurang dari 1/10 detik bagi seseorang untuk membuat kesan dari foto seseorang. Mereka tidak perlu membaca profil Anda atau menggali lebih dalam jika kesan awal mereka negatif.

 

  1. Personal branding adalah konten yang Anda kontrol.

Banyak dari kita memiliki infromasi pribadi di luar sana, apakah itu foto atau komentar tentang calon pemberi kerja, mitra bisnis, atau tanggal ketika profil kita dicari seseorang di Google. Begitu banyak dunia online berada di luar kendali kita. Itulah mengapa memiliki strategi personal branding adalah bagian penting dalam mengendalikan citra diri secara online. Semakin banyak konten yang Anda masukkan secara online, semakin banyak upaya yang akan membantu konten Anda menutupi konten negatif yang mungkin ada di luar sana. Selain itu, ketika orang-orang menelusuri Anda atau topik yang terkait dengan pekerjaan Anda, dan mereka menemukan konten berkualitas tinggi, mereka kemungkinan besar akan berpaling kepada Anda sebagai pakar dibandingkan yang lain. Hal yang sama berlaku juga untuk pelamar. Bagian SDM yang membandingkan dua kandidat lebih mungkin untuk memilih salah satu yang memiliki banyak konten berkualitas tinggi secara online, di luar apa pun yang telah dituliskan di resume.

 

  1. Jadikan dunia Anda sebagai pusat profil.

Dengan begitu banyak profil sosial, penting untuk memilih dan mengelola dengan cermat mana yang akan dilihat orang. Akusisi baru-baru ini oleh Microsoft hanyalah tanda bahwa dunia profesional mengakui pentingnya profil sosial.

 

  1. Sadari bahwa membangun merek membutuhkan waktu.

Membangun personal branding bukanlah perkara mudah dan cepat. Tentu Anda dapat memoles profil LinkedIn Anda, menghapus foto-foto memalukan dari Instagram atau membuat beberapa profil pribadi, tetapi itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan proses branding. Personal branding yang efektif dapat membantu membangun hubungan baru, dan membuat Anda diperhatikan untuk suatu pekerjaan, atau oleh pelanggan baru. Ini dapat membantu Anda membangun komunitas, membangun otoritas Anda dan pada akhirnya membuat Anda lebih maju.

 

  1. Pemasaran menggunakan tokoh berpengaruh memberikan cara agar konten disponsori.

Tren yang muncul dari popularitas platform konten seperti YouTube dan Instagram, adalah munculnya orang berpengaruh atau memiliki banyak follower dan menyebabkan masuknya merek yang menggunakan akun populer untuk mendorong produk mereka. Sehingga, setiap platform yang telah dibombardir oleh “influencer” telah mencoba memasarkan produk secara halus tanpa membuat upaya tersebut terlihat seperti iklan.

 

Apa yang mungkin muncul sebagai hasil adalah dorongan untuk pemasaran konten yang lebih terbuka dan jujur ​​di platform ini. Jika Anda seorang pengusaha yang mencoba mendapatkan produk atau layanan Anda di depan konsumen, mungkin Anda lebih baik membuat konten bersponsor yang otentik dan jujur ​​yang juga memberi Anda data back-end ke dalam kinerja iklan. Mengandalkan “influencer” untuk dengan santai menyebutkan berapa banyak dia suka produk Anda tidak pasti, paling banter.

 

Ingin memperkuat branding perusahaan Anda?

Segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami akan memberikan solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.