3 Hal tentang Branding yang Dapat Mendefinisikan Bisnis Anda

3 Hal tentang Branding yang Dapat Mendefinisikan Bisnis Anda

 

Digital Branding Indonesia – Di masa silam, sebagian besar brand ditentukan oleh brand dagang mereka, seperti logo, maskot, tagline dan warna desain. Akibatnya, pasar didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar yang logonya identik dengan produk mereka. Namun saat ini, brand mulai mendapatkan perhatian. Perusahaan sudah mulai berfokus pada brand, bukan hanya sekedar brand dagang, yang berarti lebih banyak waktu dan upaya dapat dimasukkan ke dalam pesan, konten, dan imajinasi yang ingin disampaikan ke pelanggan.

 

Sekarang, kita berada di zaman dimana semua perusahaan dianggap sebagai brand. Brand adalah komunitas, keterlibatan nyata, konten, cerita, amal, inspirasi, dan banyak lagi. Pendiri, karyawan, komunitas, bahkan wujud kantor dapat dan akan dianggap sebagai brand oleh pelanggan Anda.

 

Masih banyak pemilik bisnis percaya bahwa branding dapat berjalan sendiri selama Anda mempekerjakan orang yang tepat dan menyewa ruang kantor yang tepat. Tapi ini belum tentu demikian. Brand yang kuat dan berkesinambungan membutuhkan kerja dan komitmen dari seluruh tim sebagai tempat untuk memulai. Buat semua tim memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana Anda ingin perusahaan dipersepsikan.

 

Menurut Suneera Madhani, founder dan CEO Fattmerchant, ada 3 hal yang dapat Anda dan tim lakukan untuk membantu brand menjelaskan tentang bisnis Anda.

 

  1. Tentukan gagasan yang tepat

Anda mungkin sudah memiliki gagasan tentang apa yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Buat daftar untuk menentukan apa yang ada dan tidak ada di perusahaan Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin menjadi menyenangkan, tetapi tidak kekanak-kanakan, Anda ingin menjadi cerdas tetapi tidak rumit, atau menjadi sederhana tetapi tidak membosankan. Kemudian share keinginan Anda kepada tim, terutama mereka yang bertanggung jawab atas konten dan pesan Anda. Semakin jelas pesan yang disampaikan, semakin jelas pula brand Anda.

 

  1. Tantangan Kepribadian

Pikirkan tentang perusahaan Anda, dan cobalah membuatnya menjadi seseorang. Pikirkan sifat sebanyak mungkin, pria atau wanita? Berfokus pada teknologi atau artistik? Siapa selebritis yang akan memainkannya dalam sebuah film? Setelah Anda memiliki sedikit profil, mulailah memikirkan tentang hubungan perusahaan Anda dengan pelanggan. Apakah Anda seorang teman, mitra, penasihat atau sesuatu yang lain. Brand lebih dari sekadar pemasok produk atau layanan, tetapi merupakan bagian yang istimewa dan penting dari kehidupan pelanggan. Jadi pastikan Anda mendefinisikan itu dan membuat konten untuk mendukungnya.

 

  1. Apa Kisah Anda?

Luangkan waktu untuk menentukan cerita Anda. Konsumen lebih cenderung terhubung dengan brand dengan cerita yang menarik, bukan hanya produk yang bagus. Bagi semua komponen brand dari penceritaan, seperti karakter utama, penjahat, keinginan dan konflik. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mungkin tidak seperti yang Anda harapkan. Apakah penjahat Anda adalah pesaing Anda, masalah yang sedang berusaha dipecahkan perusahaan Anda, atau sesuatu yang lebih abstrak?

 

Anda ingin tim yang hebat untuk mendukung kemajuan brand? Ayo segera diskusikan dengan Rumah Asyam. Kami menawarkan digital branding workshop yang didukung tim handal dan berpengalaman, Segera hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.