3 Elemen Brand Strategy

3 Elemen Brand Strategy

 

Digital Branding Indonesia – Brand adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, desain atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu (Armstrong Kotler). Dalam brand terkandung perasaan, kebiasaan dan persepsi yang berhubungan dengan perusahaan, produk maupun pelanggan, dimana perusahaan memberikan janji mengenai keuntungan dan pelayanan terhadap pelanggan.

 

Brand yang kuat dan kekal seringkali berasal dari pelaksanaan secara konsisten dari brand strategy dan rencana yang sesuai dengan persyaratan yang diinginkan pelanggan.

 

Untuk mengembangkan brand strategy yang efektif dibutuhkan 3 (tiga) komponen kunci yang mendasarinya, yakni :

  1. Brand Positioning.

Brand Positioning adalah posisi brand dalam benak pelanggan. Apa yang ada di benak mereka ketika teringat akan brand kita. Hasil akhir dari positioning adalah keberhasilan dalam menciptakan fokus dalam benak konsumen serta alasan yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk kita.

 

  1. Brand Architecture.

Brand Architecture adalah suatu strategi penyusunan brand yang menentukan hubungan antara brand dalam suatu perusahaan. Strategi ini sangat penting mengingat Brand Architecture yang ditampilkan akan mempengaruhi konsumen dalam memandang dan mempersepsikan brand-brand yang ada dalam suatu perusahaan sekaligus mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian.

 

  1. Brand Extension.

Brand Extension adalah penggunaan merek yang sudah ada pada produk baru dimana produk tersebut memiliki kategori yang berbeda dengan merek yang digunakannya. Bagi perusahaan terkait, penggunaan konsep ini dalam peluncuran produk baru jelas mengharapkan merek yang sudah terkenal dapat mendorong penjualan, sehingga konsumen tidak merasa asing lagi dengan produk yang baru ditawarkan tersebut.

 

 

[indra armyanto/dari berbagai sumber]

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.