Viral Marketing

Viral Marketing

 

Digital Branding Indonesia – Akses internet yang semakin mudah dan murah saat ini, banyak dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Banyak pihak berlomba-lomba membuat konten viral, baik yang dibuat secara serius maupun hanya sekedar guyonan.

 

Di dunia bisnis sendiri kita mengenal viral marketing, yakni strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang (Wikipedia). Viral marketing berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer.

 

Profesor Andreas Kaplan dan Michael Haenlein menyatakan bahwa untuk suksesnya viral marketing, harus memenuhi 3 kriteria sebagai berikut:

  1. Media dan orang yang bertindak untuk menyampaikan pesan yang sedang dikampanyekan. Orang tersebut harus mempunyai jaringan sosial yang cukup luas dan dipercaya, serta media yang mudah diakses oleh semua orang.
  2. Pesan atau ajakan yang akan dikampanyekan harus mudah diingat dan menggugah orang untuk mengikutinya.
  3. Lingkungan yang mendukung dan waktu yang tepat untuk melancarkan program viral marketing.

 

Ada 6 prinsip dalam viral marketing yang sering diterapkan pelaku bisnis, dikutip dari laman Pagetrafficbuzz, yakni :

  1. Memberikan produk atau layanan untuk menarik perhatian target audiens, seperti layanan email dan program software gratis.
  2. Konten mudah dikirim ke orang lain melalui email, situs web, jejaring sosial, download, dll.
  3. Memungkinkan skalabilitas yang mudah.
  4. Memanfaatkan motivasi yang dapat digunakan bersama dan mengambil keuntungan dari motivasi tersebut, menggugah keserakahan, perasaan lapar dan cara untuk meringankannya.
  5. Memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada.
  6. Memanfaatkan beragam sumber daya untuk meningkatkan hasil.

 

Ide kreatif sangat diperlukan viral marketing karena masyarakat pengguna internet cukup kritis dalam memilah informasi mana yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan strategi bisnis.

 

 Hubungi Kami di 085719535153 atau email di info@rumahasyam.com 

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.